Kumpulan Lengkap Lagu Peterpan

peterpan band
Pada tahun 1997, Andhika (kibor) membentuk band Topi dengan mengajak adik kelasnya di SMU 2 Bandung, Uki (gitar), serta teman mainnya, Abel (bas) dan Ari (drum). Uki pun mengajak teman SMP-nya Ariel yang mengisi posisi vokal. Dengan formasi seperti itulah, mereka mulai manggung dan memainkan musik beraliran Brits alternatif. Kemudian Ari mengundurkan diri dan Topi pun bubar tanpa sebab yang pasti.

Andika mengumpulkan kembali personel Topi di tahun 2000. Namun kali ini, posisi drum dipegang oleh Reza. Untuk memberi warna musik yang lebih dewasa dan lebih kaya melody, maka diajaklah Loekman, teman kakak Indra, yang akhirnya jadi lead guitar (gitar utama). Setelah terbentuk dengan formasi enam orang, mereka pun mengambil nama peterpan. Tanggal 1 September 2000 secara resmi peterpan terbentuk.

Perjalanan profesional peterpan dimulai tahun 2001 dengan merambah dari café ke café di Bandung. Mereka bermain di café O'Hara dan Sapu Lidi dengan membawakan lagu-lagu top 40, serta alternative rock seperti Nirvana, Pearl Jam, Cold play, U2, Creed, dll. Saat di café Sapu Lidi-lah potensi mereka terlihat oleh Kang Noey (basis Java Jive) yang sedang mencari band untuk mengisi album kompilasi.

Dari tiga lagu yang dikirim untuk demo, "Sahabat", "Mimpi Yang Sempurna", dan "Taman Langit", terpilih lagu "Mimpi Yang Sempurna" untuk dimasukan ke album kompilasi Kisah 2002 Malam yang dirilis Juli 2002. Tak disangka lagu tersebut menjadi jagoan album ini dan mendongkrak penjualan sampai di atas 150.000 kopi.


Perpecahan Peterpan

Pada tanggal 4 November 2006, Andika dan Indra, resmi keluar dari anggota band. Kedua mantan personel ini pada akhirnya membentuk kelompok lainnya yang diberi nama The Titans.

Pasca keluarnya Andika dan Indra, posisi mereka ditempati oleh dua pemusik tambahan, yaitu Lucky dan David. Dengan formasi tambahan ini, Peterpan merilis, Hari yang Cerah. Acara launching album ini juga dibuat lain karena dilakukan di dua negara. Di RUUMS Kuala Lumpur pada 25 Mei 2007 setelah itu di Bandung di Monumen Pahlawan Gazebo dan disiarkan secara live di 6 stasiun televisi.

Album ini diklaim sebagai album terakhir mereka dengan nama "Peterpan". Ariel mengklaim bahwa pada akhirnya mereka akan melepaskan nama Peterpan dan menggunakan nama lainnya.

Meski tanpa formasi utuh seperti dulu, peterpan masih mampu memperlihatkan 'taring'nya. Di bulan September 2007, mereka mendapat kehormatan untuk mengikuti acara "Song Festival" di Korea Selatan. Sebelumnnya, peterpan juga masih mampu mengantongi penghargaan sebagai Best Favorite Artis Indonesia MTV Asia Award 2006 dan Album Pop Group Ngetop SCTV Music Award 2006.


Lagu-lagu Peterpan :
  1. 2 DSD
  2. Ada Apa Denganmu
  3. Aku dan Bintang
  4. Aku Pergi
  5. Bebas
  6. Bintang di Surga
  7. Cobalah Mengerti
  8. Dan Hilang
  9. Dara
  10. Diatas Normal
  11. Dibalik Awan
  12. Di Belakangku
  13. Dilema Besar
  14. Dunia yang Terlupa
  15. Hari yang Cerah Untuk Jiwa yang Sepi
  16. H e r o
  17. Janda Muda
  18. Jauh Mimpiku
  19. Kau yang Ku inginkan
  20. Khayalan Tingkat Tinggi
  21. Kisah Cintaku
  22. Kita Tertawa
  23. Kota Mati
  24. Ku Katakan Dengan Indah
  25. Kupu kupu Malam
  26. Langit Tak Mendengar
  27. Lihat Langkahku
  28. Masa Lalu Tertinggal
  29. M a y a
  30. Melawan dunia
  31. Membebaniku
  32. Menghapus Jejakmu
  33. Menunggumu
  34. Menunggu Pagi
  35. Mimpi yang Sempurna
  36. Mungkin Nanti
  37. Perjalanan Cintaku
  38. Sahabat
  39. Sally Sendiri
  40. Satu hati
  41. Semua Tentang Kita
  42. Tak ada yang abadi
  43. Tak Bisakah
  44. Taman langit
  45. Tertinggal Waktu
  46. Topeng
  47. Usia 17
  48. Walau Habis Terang
  49. Yang Terdalam

Meninjau Bentuk Piramida Dari Sisi Astronomi

piramida
Piramida merupakan bangun tiga dimensi dengan dasar segitiga, segiempat maupun poligon teratur lainnya dengan sisi-sisi berbentuk segitiga yang bertemu pada satu titik di puncak. Meski demikian piramida dengan dasar segiempat merupakan piramida paling umum dijumpai. Piramida dijumpai dalam berbagai kebudayaan. Misalnya Mesir kuno, yang kerap diidentikkan dengan piramida meskipun piramida terbanyak ternyata dimiliki oleh kebudayaan Sudan/Nubia kuno (220 buah, Mesir hanya 135 buah). Namun bentuk-bentuk piramid dijumpai pula di kebudayaan Mesopotamia (sebagai ziggurat), Yunani, Romawi, Mesoamerika, Amerika Utara dan Cina.

Tujuan pembangunan piramida atau bangunan mirip piramida di berbagai penjuru dunia itu relatif sama, yakni sebagai pusat peribadahan, pusat religi dalam masing-masing kebudayaan. Cukup mengesankan bahwa bangunan piramida atau yang menyerupai piramida secara astronomis dirancang demikian cermat sehingga orientasinya menghadap ke titik-titik istimewa tertentu di langit. Hal ini tak bisa dilepaskan dari kepercayaan dalam kebudayaan-kebudayaan tersebut, yang menganggap dewa-dewa mereka senantiasa berada di langit mengawasi setiap saat dalam rupa bintik-bintik cahaya yang gemerlap.

Selain itu posisi piramida atau bangunan menyerupai piramida selalu menuju keempat penjuru mataangin dengan presisi demikian tinggi.Bentuk-bentuk mirip piramida juga dijumpai dalam kebudayaan India kuno dan Indonesia kuno. Candi Borobudur misalnya, mengesankan sebagai bentuk piramida berundak, meskipun teknik konstruksi Borobudur amat berbeda dibandingkan piramida Mesir. Candi-candi utama di Prambanan memiliki bagian atas yang menyerupai piramida, meski dengan proporsi jauh berbeda. Pun demikian candi Penataran yang berlanggam Jawa Timuran. Satu-satunya candi yang amat mirip piramida adalah candi Sukuh di lereng Gunung Lawu (Jawa Tengah), yang dibangun pada abad ke-15 menjelang runtuhnya Majapahit.

Sebelumnya, mari kita ulas terlebih dahulu tentang sistem mataangin. Kita mengenal empat mataangin primer (utara, timur, selatan, barat) dan empat mataangin sekunder (timur laut, tenggara, barat daya, barat laut). Di antara mataangin pimer dan sekunder kadang ditambahkan pula mataangin tersier. Namun dalam astronomi, mata-mataangin tersebut dikuantifikasi ke dalam sistem azimuth yang berjumlah 360. Untuk mataangin primer, utara adalah arah nol (0) atau 360, timur adalah arah 90, selatan adalah arah 180 dan barat adalah arah 270. Karena mataangin sekunder adalah tengah-tengah antara dua mataangin primer yang berdampingan, maka timur laut adalah arah 45, tenggara adalah arah 135, barat daya adalah arah 225 dan barat laut adalah arah 315.

Mari lihat piramida Mesir, misalnya yang terpopuler di dataran Giza. Sisi-sisi tiap piramida di Giza ternyata tepat menghadap ke sumbu utara-selatan timur-barat dengan presisi demikian tinggi. Presisi tersebut bukannya tanpa sebab. Dengan posisi tepat ke sumbu utara-selatan, maka sisi utara piramida Giza akan selalu berhadapan dengan bintang Thuban atau alpha Draconis (tingkat terang +3,7), bintang penanda kutub utara langit pada 4.500 tahun silam. Sebagai bintang kutub, posisi bintang Thuban selalu berada di titik yang sama tanpa pernah beringsut sepanjang waktu.

Kekhasan posisi bintang Thuban rupanya sejalan dengan konsep keabadian dalam Mesir kuno, sehingga sebuah lorong kecil dibangun dari ruang Firaun (di dalam piramid) menuju sisi utara, yang memungkinkan cahaya bintang Thuban tepat menyinari kepala jasad Firaun. Demikian pula bintang terang terdekat dengan Thuban, yakni bintang Kochab atau beta Ursa Minor (tingkat terang +2). Bintang ini pun selalu nampak di langit utara sepanjang waktu, yang seakan-akan berputar mengelilingi bintang Thuban. Gerak berputar ini memberi kesan kalau bintang Kochab adalah pasangan setia bintang Thuban. Sehingga sebuah lorong pun dibangun untuk memungkinkan cahaya bintang Kochab menyinari ruang Permaisuri, yang diletakkan tepat di bawah ruang Firaun, khususnya saat bintang itu berkulminasi atas.



Lorong Piramida
Bangsa Mesir kuno amat terpesona dengan rasi bintang Waluku atau Orion, yang dianggap sebagai perwujudan dari Osiris dalam mitologi Mesir kuno. Nyawa dari Firaun yang sudah tiada diyakini akan bergabung dengan Osiris. Sehingga sebuah lorong pun dibangun dari ruang Firaun menembus sisi selatan, yang memungkinkan cahaya rasi Waluku (khususnya tiga bintang di sabuk Waluku) menyinari jasad sang Firaun, khususnya saat rasi Waluku berkulminasi atas. Atas alasan yang sama pula, sebuah lorong pun dibangun agar cahaya bintang Sirius, bintang paling terang di langit, bisa menyinari ruang Permaisuri. Bintang Sirius dianggap sebagai perwujudan dari Isis dalam mitologi Mesir kuno.


Candi Borobudur


Candi Prambanan

Fakta yang hampir sama pun dijumpai pada bangunan menyerupai piramida. candi Borobudur misalnya, juga menghadap ke mataangin utama dengan presisi mengagumkan. Pun demikian halnya candi-candi utama dalam kompleks percandian Prambanan. Selain terkait dengan konsep kosmologi dan mitologi Buddha (untuk Borobudur) dan Hindu (untuk Prambanan), presisinya bangunan candi terhadap arah mataangin utama berguna bagi kepentingan praktis. Selain sebagai bangunan religius, candi Borobudur juga berfungsi sebagai petunjuk posisi Matahari, yang dikaitkan dengan siklus musim. Hal serupa kemungkinan juga berlaku bagi Candi Prambanan. Sehingga, dalam perspektif astronomi, piramida ataupun bangunan menyerupai piramida merupakan observatorium kuno tempat kaum cendekia (khususnya pendeta) mengamati langit.
,

Warna Kulit Asia Tenggara Menjadi Dambaan Masyarakat Dunia


Kulit Kuning-Langsat
Kulit adalah lapisan luar yang menutupi permukaan tubuh. sebagai pelindung tubuh dan tulang resiko cedera akibat benturan, melindungi tubuh dari bahaya radiasi sinar matahari, melindungi organ-organ penting dari kontak langsung dengan lingkungan luar, hingga mengirim respons rasa panas, dingin, sakit dan lainnya ke otak.

Fungsi penting lainnya adalah kulit merupakan sebuah daya tarik, tak hanya bagi wanita tapi juga bagi kaum adam. Untuk mewujudkannya agar kulit yang cantik, sehat dan terawat, kebanyakan orang tak segan mencoba berbagai produk kecantikan yang menjanjikan kulit yang lebih cerah. Bahkan, ada beberapa orang yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk perawatan kecantikan di salon.

Di AS-Eropa beranggapan kulit cokelat bagus dan merupakan kulit orang kaya, Karena itu, mereka para wanita Latin dan Afrika tetap berkulit cokelat dan hitam. Di AS-Eropa sedang marak salon kencantikan pencokelat kulit. Barbie Club : 60% wanita muda AS-Eropa barat kulit putih rambut blondie-mata biru kulitnya sudah cokelat karena salon kecantikan.

Kulit Cokelat
Menurut wikipedia ada 30 Juta wanita kulit putih AS pelanggan 50 Ribu salon pencokelat kulit dengan nilai pasar Rp. 50 Trilliun setahun. Christiano Ronaldo, David Beckham, Charlize Theron, Paris Hilton warna kulitnya cokelat karena salon. Miss Universe 2006 Zuleyka Rivera dan Miss USA 2007-2008 Rachel Smith-Crsytle Stewart adalah wanita kulit hitam. 80% pria AS kulit putih, 13% pria kulit hitam Barack Obama jadi Presiden AS karena dianggap tampan wanita kulit putih AS di California, New York, Florida dan Ohio.

Di Bali banyak wanita kulit putih-blondie AS-Eropa jadi pacar pria Indonesia kulit cokelat, karena bosan dengan 1 Milliar pria kulit putih AS-Eropa yang lebih putih dari pria kulit putih Indonesia. Iklan krim pemutih kulit pakai wanita pribumi kulit putih yang tinggi, seksi, bentuk wajah menarik hingga kulit putih terkesan bagus. Pribumi kulit putih Indonesia yang pendek, kurus atau gemuk, wajahnya jelek, tonggos, jerawatan tidak ditampilkan di Televisi untuk menjaga citra kulit putih. Wanita kulit putih-blondie AS berkulit kecokelatan karena salon pencokelat lebih manis dari wanita Indonesia pakai pemutih yang pucat.

Artis kulit hitam-cokelat AS Leona Lewis-Eva Mendez lebih cantik dari artis kulit putih Indonesia. Artis kulit hitam Beyonce Knowles-Will Smith jadi artis termahal di AS dengan bayaran Rp. 400-800 Milliar, Model termahal di dunia Rp. 200 Milliar adalah Adriana Lima wanita kulit cokelat Latin dan Heidi Klum-Giselle Budchen wanita kulit putih-rambut blondie yang kulitnya sudah cokelat karena salon.


Dilihat dari semua itu sepatutnya kita bangga dengan warna kulit yang kita miliki, mereka sesungguhnya ingin warna kulit seperti kita. Kembali dari diri kita masing-masing sudahkah kita bersyukur untuk hal yang sekecil ini. Masih besar atau banyak kebanggaan-kebanggaan yang kita miliki di Asia Tenggara khususnya di Indonesia.

Cara Bersuci dari Najis

Bersuci dari najis dilakuan dengan menghilangkan wujud najis dari barang mutanajjis dengan menggunakan air dengan memperhatikan macam air, banyak sedikitnya air dan cara menggunakan air. Selain dari hal-hal tersebut, harus dipenuhi hal-hal berikut ini :
  • Najis mughallazhah, disucikan sebanyak tujuh kali, sekali diantaranya air pencuciannya dicampuri tanah (debu/lumpur). Cucian yang sampai menghilangkan wujud najis (meskipun harus dilakukan beberapa kali cucian/siraman umpamanya), baru dihitung satu kali (jadi, harus ditambah enam kali).
  • Najis mukhaffafah, disucikan cukup meratainya dengan air (tidak usah najisnya terbuang bersama air).
  • Najis mutawassithah 'ainiyyah, disucikan dengan menghilangkan wujudnya dengan menggunakan air satu kali. Wujud najis harus hilang terbuang bersama air pencucinya (kalau disiram).
  • Najis mutawassithah hukmiyyah, cara mensucikannya sama dengan mensucikan najis mukhaffafah.

Catatan :

Mencuci pakaian bayi yang terkena kotoran/najis, sebaiknya dengan cara :
  • Dihilangkan wujud najisnya dengan air seperlunya
  • Setelah hilang wujud najisnya (bersih dari najis tapi belum tentu suci dari najis) kemudian diperas apuh (habis kandungan airnya karena diperas).
  • Pakaian yang sudah diperas apuh itu ditaruh didalam ember dipenuhi air sampai melimpah (air waarid).

Dengan demikian sucilah pakaian didalam ember itu. Ingat jangan terbalik!! Jangan pakaian yang sudah diperas itu dimasukkan ke ember yang sudah berisi air!! (mauruud).

Menentukan hilangnya wujud najis (warna, bau dan rasa) tidak perlu, bahkan tidak seyogyanya dipaksa-paksa terlalu teliti : dicium atau dicicipi. Cukup dengan dugaan kuat (ghalabatuzh-zhan) bahwa wujud najis itu sudah hilang. 

Perlu diketahui bahwa di dalam ilmu fikih ada najis-najis yang diampuni yang disebut An-najasaatul ma'fuwwaat, artinya najis-najis yang dianggap seperti tidak najis. Pada umumnya najis ma'fuwwaat ini adalah najis yang :
  1. Sangat sedikit, sehingga tidak terasa, umpamanya darah sendiri yang sedikit,
  2. Sukar sekali dihindari, umpamanya debu-debu jalanan (yang umumnya mengandung najis : kotoran kuda dan sebagainya).

Memang, terhadap najis kita tidak boleh "sembarangan", tetapi juga tidak baik/tidak perlu "mempersulit diri" yang menimbulkan penyakit "was-was". Permudah yang mempersulit.

Masih ada lagi dua kaidah yang dapat menghindari kita dari situasi "mempersulit" ini, yaitu :
  1. Kaidah : "kembali kepada asal" bahwa semua barang yang asalnya suci, kalau tidak tegas, jelas, nyata terkena najis, hukumnya "suci" sebagaimana asalnya. Umpamanya : makanan yang dibikin oleh orang yang tidak memperhatikan najasah/bahkan kemungkinan terkena najis, kalau tidak nyata-nyata terkena najis, maka hukumnya "suci".
  2. Kaidah tahammul artinya "memantas-mantas" bahwa sesuatu yang tadinya terkena najis itu sudah tersucikan dengan sesuatu cara/proses yang mungkin terjadi. Umpamanya seekor kucing yang habis makan tikus, mulutnya menjadi najis Kalau kucing itu tidak tampak (pergi berkeliaran kesana-sana) beberapa waktu lamanya, kemudian kembali dengan mulut yang sudah bersih, maka mulut kucing itu dapat dianggap suci, karena dipantas-pantas kucing itu minum air banyak (dari sungai, kolam dan sebagainya).

Ada dua benda najis yang dapat berubah menjadi suci (memang tidak suci, tetapi berubah menjadi suci), yaitu : 
  1. Arak, bisa berubah menjadi suci, kalau arak berubah menjadi cuka tanpa dicampuri benda-benda lain, tetapi berubah sendiri menurut proses tertentu.Ingat legen (nira yang baru dusadap) yang jadi cuka, lebih dahulu menjadi arak(proses antara legen dn cuka).
  2. Kulit binatang (tulang) bukan anjing, bukan babi, meskipun dikuliti dari bangkai, dapat menjadi suci dengan disamak sehingga memiliki daya tahan lama (sepatu kulit gajah).

Untuk mensucikan dari najis hanya dalam satu hal, air itu boleh diganti dengan yang lain, yaitu dalam istinja', artinya bersuci dari najis/ kotoran yang keluar dari salah satu jalan pelepasan kita (qubul dan/atau dubur). Khusus dalam hal ini, air dapat diganti dengan batu atau benda padat lainnya (kayu, kertas tissu dan sebagainya) dengan syarat :
  1. Kotoran belum kering,
  2. Kotoran belum pindah/menjalar kemana-mana, masih tetap berada dilubang pelepasan,
  3. Benda yang dipergunakan dapat menghapus najis,
  4. Benda yang dipergunakan tidak/bukan benda yang dihormati (makanan dan sebagainya),
  5. Kotoran belum tercampur dengan benda-benda lain (air dan sebagainya),
  6. Digunakan 3 buah benda.


Namun, sebaiknya dipergunakan air atau setelah dipergunakan benda-benda lain itu kemudian dibilas dengan air.


Sumber : Fikih Perempuan Praktis; Oleh K.H. Abdul Muchith Muzadi 

Pengertian Bersuci

Air
Air adalah alat utama untuk mensucikan. Hanya dalam hal-hal dan keadaan khusus dipergunakan benda-benda lain. Dalam ilmu Fiqih, air dibagi menjadi 3 macam :


1. Air suci dan mensucikan : yaitu yang disebut air mutlak, artinya air yang pada umumnya disebut "air" saja tanpa tambahan predikat lain-lain (bukan air kelapa, sirup dan sebagainya meskipun mengandung/tercampur zat-zat/benda-benda lain sedikit. Campuran garam dan/atau tanah - meskipun banyak - tidak mengubah status air (tetap : air mutlak).


2. Air suci tetapi tidak mensucikan, yaitu :
  • Air tercampur benda suci lainnya (umpamanya gula, kopi dan sebagainya atau mengandug zat/benda suci lain seperti air kelapa, legen dan sebagainya kecuali kalau campurannya itu garam atau tanah.) 
  • Air musta'mal : artinya air yang sudah dipergunakan untuk bersuci (air bekas bukan sisa) dari hadas atau najis kalau air musta'mal itu tidak banyak (banyak sedikitnya air ada batasnya). Kalau air banyak (dan tidak berubah karena najis), maka meskipun sudah terpakai, tetap suci dan mensucikan. 

3. Air Najis, artinya tidak suci dan mensucikan, yaitu : 
  • Air sedikit, yang terkena najis, meskipun tidak berubah wujudnya.
  • Air banyak yang terkena najis sampai berubah wujudnya (warnanya, baunya, atau rasanya) 

Dari segi sedikit dan banyaknya air, ada dua macam air, yaitu :

1. Air Banyak, yaitu air yang sudah mencapai ukuran isi dua kulah atau lebih. Menurut penelitian almarhum K.H. Ma'shum Ali Jombang dalam kitabnya Fathul Qadir - dua kulah itu sama dengan :
  • 174,580 liter, ukuran kubiknya : 55,9 cm x 55,9 cm x 55,9 cm (Nawawi).
  • 176,245 liter, ukuran kubiknya : 56,1 cm x 56,1 cm x 56,1 cm (Rafi'i).
  • 245,325 liter, ukuran kubiknya : 62,4 cm x 62,4 cm x 62,4 cm (Iraqi) 

2. Air Sedikit, yaitu air yang kurang dari batas dua kulah.
Banyak atau sedikitnya air menurut ketentuan di atas, mempunyaikelanjutan hukum tentang air, yaitu :


a. Air Banyak (dua kulah atau lebih)
  • Meskipun tercampur najis, asalkan tidak berubah wujudnya tetap suci dan mensucikan, tidak menjadi najis.
  • Meskipun digunakan untuk bersuci, bekasnya tetap suci dan mensucikan tidak musta'mal. 
b. Air sedikit (kurang dari dua kulah)
  • Kalau tercampur najis, meskipun tidak berubah wujudnya, maka menjadi najis.
  • Kalau dipergunakan untuk bersuci, bekasnya menjadi musta'mal (tidak mensucikan lagi, meskipun mungkin masih suci) 

Oleh karenanya, didalam mempergunakan air untuk bersuci, haruslah diperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  • Kalau air itu banyak (umpamanya kulah, kolam, sungai), maka boleh bersuci didalamnya (umpamanya : cuci pakaian najis, wudhu, mandi dan sebagainya). Air banyak seperti ini namanya mauruud (air boleh didatangi).
  • Kalau air sedikit umpamanya air ditimba, baskom dan sebagainya), maka harus air itu datang (warid), dipancurkan kepada benda yang dicuci atau anggota yang diwudhu'i/dimandikan. Kalau wudhu dengan memasukan tangan ke dalam baskom, maka air di baskom itu menjadi musta'mal.


Sumber : Fikih Perempuan Praktis: Oleh K.H. Abdul Muchith Muzadi

Nike Ardilla - Biografi dan Lagu-Lagunya

Nike Ardilla
Nike Ardilla adalah penyanyi rock Indonesia dan dijuluki sebagai Ratu Rock Indonesia (Queen of Indonesia Rock) atau lady rocker. Sejak kecil sudah mengawali karir dengan mengikuti berbagai festival menyanyi di Bandung, sampai kemudian bakatnya ditemukan oleh produser musik Deddy Dores.

Deddy membuatkan beberapa lagu untuk album pertama Nike yang bertajuk Seberkas Sinar yang terjual lebih dari 500.000 ribu kopi. Tahun berikutnya Nike merilis album keduanya yang bertajuk Bintang Kehidupan yang mendapatkan sambutan luar biasa, dan terjual dengan angka yang fantastis, yaitu dua juta kopi Selanjutnya Nike merilis album-album yang menjadi best seller.

Album rekaman terakhir Nike Ardilla disaat hidupnya yang berjudul Sandiwara Cinta terjual sampai menembus angka tiga juta kopi dan lima juta copy season. Karir Nike Ardilla dalam dunia seni peran juga berjalan mulus seiring dengan dirilisnya album pertama. Nike bermain film Kasmaran bersama almarhum Ryan Hidayat pada tahun 1987 dan terus melahirkan film-film box office sepanjang periode akhir 80-an dan awal 90-an. Nike Ardilla juga sukses dalam beberapa sinetron dan iklan.

Nike Ardilla lahir di Bandung tanggal 27 Desember 1975 dari pasangan R. Eddy Kusnadi dan Nining Ningsihrat dengan nama Rd.Rara Nike Ratnadilla. Rd. Rara adalah sebuah julukan kebangsawanan untuk seorang putri keturunan ningrat di Jawa Barat, Nike sendiri konon masih keturunan Raja Galuh. nama Nike Ratnadilla sendiri berasal dari: Ni, diambil dari suku kata nama depan sang ibu,yaitu Ningsirat,Ke,diambil dari suku kata bagian depan nama sang ayah, yaitu Kusnadi (Ku dirubah jadi Ke). Rat, diambil dari Ningsirat, Nadi diambil dari Kusnadi, dan ditambahkan lla, jadilah nama Nike Ratnadilla.

Nama Lengkap: Raden Nike Ratnadilla
Nama Kecil: Nike, Neneng, Keke, Amoy
Nama beken/artis: Nike Astrina/Nike Ardilla
Tempat & Tanggal Lahir: Bandung, 27 Desember 1975
Agama: Islam
Pendidikan:
TK Ade Irma Suryani - Bandung,
SD VII Kiara Condong - Bandung, SMP 30 Bandung,
SMU BPI 1 Bandung,
School Of Publick Relation Lippo Center Bandung.
Nama kedua orangtua: (alm) R. Eddy Kusnadi & Nining Ningsihrat
Jumlah saudara: 3 bersaudara 2 laki-laki
(Sonny Prinadi dan Yudi Ruswanto)
Hobby: Musik, berenang, badminton.
Tinggi dan berat badan: 1.68 meter - 47 kilogram
Makanan favorit: Hamburger, Mie bakso, Jengkol goreng
Minuman favorit: Coca-Cola, Yoghourt
Artis favorit: Marlyn Monroe
Wafat : 19 Maret 1997


Penghargaan yang diraih :

HDX Award kategori Triple Platinum ( 1989 )
BASF Award ( 1989 )
Panasonic Award kategori lagu Terlaris ( 1989 )
Panasonic Award kategori suara terbaik (1989 )
BASF Award", anugerah kaset emas "HDX Award", Triple Platinum "HDX Award" juga Anugerah Cakera Platinum Berkembar 9 ( 1990 )
album rekaman terbaik versi Zinsuco Award ( 1990 )
Album "BINTANG KEHIDUPAN" thn 1990 adalah Album Rock Terlaris dlm BASF Award 1991.Nike mematahkan dominasi Nicky Astria utk kategori rock. Album ini sangat hits dan meledak di pasaran.Terjual lebih dari 2 juta copies.
Album SANDIWARA CINTA thn 1995 adalah Album Nike yg paling fenomenal.Hanya 3 bulan edar album ini terjual 900Ribu copies.Total penjualannya mencapai 3Juta copies dan menjadi Omzed Jual Terbesar dlm sejarah HDX Award.
Mungkin hanya Nike Ardilla adalah satu-satunya penyanyi solo di Indonesia yang mampu menjual album-albumnya hingga lebih dari 10 juta copies dengan hanya 5 tahun berkarir dan dengan usia yang hanya 19 tahun (Notes: 1 Platinum = 150 Ribu copies. Multi Platinum > 1 juta copies)


Seberkas Sinar

ALBUM SEBERKAS SINAR (1989)
Nike Ardilla - Seberkas Sinar
Nike Ardilla - Hati Kecil
Nike Ardilla - Tembang Asmara
Nike Ardilla - Engkaulah Milikku
Nike Ardilla - Cinta Pertama
Nike Ardilla - Bisikan Cermin
Nike Ardilla - Kedap Kedip
Nike Ardilla - Buka Kartu
Nike Ardilla - 5 Menit
Nike Ardilla - Di Antara Pilihan
Nike Ardilla - Detak Jantungku
Nike Ardilla - Yang Pertama




ALBUM BINTANG KEHIDUPAN (1990)
Nike Ardilla - Bintang Kehidupan
Nike Ardilla - Khayal
Nike Ardilla - Kesal
Nike Ardilla - Putih
Nike Ardilla - Salut
Nike Ardilla - Terserah
Nike Ardilla - Aneh - Aneh Lucu
Nike Ardilla - Cinta Hati
Nike Ardilla - Bayang - Bayangmu
Nike Ardilla - Kelam


Nyalakan Api

ALBUM NYALAKAN API (1991)
Nike Ardilla - Nyalakan Api
Nike Ardilla - Ku Harus Memiliki
Nike Ardilla - Tak Tahu Malu
Nike Ardilla - Katakan Padaku Kembali Padaku
Nike Ardilla - Tentang Kita
Nike Ardilla - Bayang - Bayang Hitam
Nike Ardilla - Cinta Bersemi
Nike Ardilla - Jalan Yang Terpisah
Nike Ardilla - Madu Dan Racun Cintamu
Nike Ardilla - Kau Yang Terakhir


Album Matahariku

ALBUM MATAHARIKU (1992)
Nike Ardilla - Matahariku
Nike Ardilla - Izinkan
Nike Ardilla - Telepon Darimu
Nike Ardilla - Belenggu Cinta
Nike Ardilla - Luka
Nike Ardilla - Kenyataan Manis
Nike Ardilla - Karya Besar
Nike Ardilla - Hanya Impian
Nike Ardilla - Jeritan Rindu
Nike Ardilla - Tegar


Aku Mengalah

ALBUM BIARLAH AKU MENGALAH (1993)
Nike Ardilla - Biarlah Aku Mengalah
Nike Ardilla - Duka Pasti Berlalu
Nike Ardilla - Dalam Biru Hatiku
Nike Ardilla - Surat Terakhir
Nike Ardilla - Kemelut Cinta
Nike Ardilla - Bila Cinta Mulai Bersemi
Nike Ardilla - Demi Dia
Nike Ardilla - Di Dalam Sunyi
Nike Ardilla - Semestinya
Nike Ardilla - Cinta Putih


Cintamu Berlalu

ALBUM BIARKAN CINTAMU BERLALU (1993)
Nike Ardilla - Biarkan Cintamu Berlalu
Nike Ardilla - Beri Daku Kepastian
Nike Ardilla - Ku Harus Melangkah
Nike Ardilla - Tak Mungkin Bersatu
Nike Ardilla - Baru Kusadari
Nike Ardilla - Gengsi
Nike Ardilla - Meraih Rembulan
Nike Ardilla - Jeritanku
Nike Ardilla - Duri Terlindung
Nike Ardilla - Keraguan


Duri Terlindung

ALBUM DURI TERLINDUNG (1994)
Nike Ardilla - Duri Terlindung
Nike Ardilla - Biarkan Cintamu Berlalu
Nike Ardilla - Gengsi
Nike Ardilla - Ku Harus Melangkah
Nike Ardilla - Meraih Rembulan
Nike Ardilla - Baru Kusadari
Nike Ardilla - Beri Daku Kepastian
Nike Ardilla - Keraguan
Nike Ardilla - Tak Mungkin Bersatu
Nike Ardilla - Aku Tak Akan Bersuara (Versi Malaysia Lagu Suara Hatiku)


Sandiwara Cinta

ALBUM SANDIWARA CINTA (1995)
Nike Ardilla - Sandiwara Cinta
Nike Ardilla - Deru Debu
Nike Ardilla - Kau Bukan Untukku
Nike Ardilla - Sanggupkah Aku
Nike Ardilla - Cintaku Suci
Nike Ardilla - Menyibak Tirai Kelabu
Nike Ardilla - Bila
Nike Ardilla - Pudar
Nike Ardilla - Bayang Dirimu
Nike Ardilla - Menanti Kejujuran


Mama Aku Ingin Pulang
ALBUM MAMA AKU INGIN PULANG (1995)
Nike Ardilla - Mama Aku Ingin Pulang
Nike Ardilla - Mengapa Harus Berpisah
Nike Ardilla - Cerita Lama
Nike Ardilla - Biarlah
Nike Ardilla - Jangan Di Ulang
Nike Ardilla - Kehadiranmu
Nike Ardilla - Garis Nasib
Nike Ardilla - Warna Cinta Kita
Nike Ardilla - Jangan Lari Dari Kenyataan
Nike Ardilla - Ku Terima Cintamu




ALBUM SUARA HATIKU (1996)
Nike Ardilla - Suara Hatiku
Nike Ardilla - Rindu Kasih
Nike Ardilla - Fakta
Nike Ardilla - Kau Bukan Milikku Lagi
Nike Ardilla - Kalau Aku Bisa Terbang
Nike Ardilla - Putuslah Sudah
Nike Ardilla - Cukup Sampai Disini
Nike Ardilla - Pengembara Terasing
Nike Ardilla - Untuk Kekasihku


ALBUM SINGLE

Nike Ardilla - Lupa Diri (Single Pertama)
Nike Ardilla - Star Of Life (Versi English Lagu Bintang Kehidupan)
Nike Ardilla - Panggung Sandiwara
Nike Ardilla - Ingin Kulupakan
Nike Ardilla - Tinggallah Ku Sendiri
Nike Ardilla - Cinta Kita
Nike Ardilla - Cintaku Padamu
Nike Ardilla - Rona Rona Biru
Nike Ardilla - Kelap Kelip Cinta
Nike Ardilla - Untuk Apa Lagi
Nike Ardilla - Selamat Jalan Duka (Versi Solo Lagu Cinta Diantara Kita)
Nike Ardilla - Dia Idolaku
Nike Ardilla - Ost. Nuansa Gadis Suci
Nike Ardilla - Aksara Bisu
Nike Ardilla - Biarkanlah


ALBUM DUET
Nike Ardilla & Deddy Dores - Seberkas Sinar (New Upload)
Nike Ardilla & Deddy Dores - Anugerah
Deddy Dores & Nike Ardilla - Hanya Kau Dihati Ku
Nike Ardilla & Deddy Dores - Cinta Dintara Kita
Anggun C.Sasmi feat Nike Ardilla - Batu batu
Rano Karno & Nike Ardilla - Kembali Lagi
Nike Ardilla & Deddy Dores - Bintang Kehidupan

Sejarah Tahun Baru Imlek dan Makna yang Terkandung di Dalamnya

Gong xi fa cai
Sejarah Tahun Baru imlek - Sebelum Dinasti Qin, tanggal perayaan permulaan sesuatu tahun masih belum jelas. Ada kemungkinan bahwa awal tahun bermula pada bulan 1 semasa Dinasti Xia, bulan 12 semasa Dinasti Shang, dan bulan 11 semasa Dinasti Zhou di China. 

Bulan kabisat yang dipakai untuk memastikan kalendar Tionghoa sejalan dengan edaran mengelilingi matahari, selalu ditambah setelah bulan 12 sejak Dinasti Shang (menurut catatan tulang ramalan) dan Zhou (menurut Sima Qian). Kaisar pertama China Qin Shi Huang menukar dan menetapkan bahwa tahun tionghoa berawal di bulan 10 pada 221 SM. Pada 104 SM, Kaisar Wu yang memerintah sewaktu Dinasti Han menetapkan bulan 1 sebagai awal tahun sampai sekarang.

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama (Chinese: 正月; pinyin: zhēng yuè) di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh 十五冥 元宵节 di tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxī yang berarti "malam pergantian tahun".

Di Tiongkok, adat dan tradisi wilayah yang berkaitan dengan perayaan Tahun Baru Cina sangat beragam. Namun, kesemuanya banyak berbagi tema umum seperti perjamuan makan malam pada malam Tahun Baru, serta penyulutan kembang api. Meskipun penanggalan Cina secara tradisional tidak menggunakan nomor tahun malar, penanggalan Tionghoa di luar Tiongkok seringkali dinomori dari pemerintahan Huangdi. Setidaknya sekarang ada tiga tahun ber-angka 1 yang digunakan oleh berbagai ahli, sehingga pada tahun 2009 masehi "Tahun Tionghoa" dapat jadi tahun 4707, 4706, atau 4646.

Dirayakan di daerah dengan populasi suku Tionghoa, Tahun Baru Imlek dianggap sebagai hari libur besar untuk orang Tionghoa dan memiliki pengaruh pada perayaan tahun baru di tetangga geografis Tiongkok, serta budaya yang dengannya orang Tionghoa berinteraksi meluas. Ini termasuk Korea, Mongolia, Nepal, Bhutan, Vietnam, dan Jepang (sebelum 1873). 

Di Daratan Tiongkok, Hong Kong, Macau, Taiwan, Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan negara-negara lain atau daerah dengan populasi Han Cina yang signifikan, Tahun Baru Cina juga dirayakan, dan pada berbagai derajat, telah menjadi bagian dari budaya tradisional dari negara-negara tersebut.


Tanggal perayaan Tahun Baru Imlek

Kalender lunisolar Tionghoa menentukan tanggal Tahun Baru Cina. Kalender tersebut juga digunakan di negara-negara yang telah mengangkat atau telah dipengaruhi oleh budaya Han (terutama di Korea, Jepang, dan Vietnam) dan mungkin memiliki asal yang serupa dengan perayaan Tahun Baru di luar Asia Timur (seperti Iran, dan pada zaman dahulu kala, daratan Bulgar).

Dalam kalender Gregorian, Tahun Baru Cina jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya, antara tanggal 21 Januari sampai 20 Februari. Dalam kalender Tionghoa, titik balik mentari musim dingin harus terjadi di bulan 11, yang berarti Tahun Baru Cina biasanya jatuh pada bulan baru kedua setelah titik balik mentari musim dingin (dan kadang yang ketiga jika pada tahun itu ada bulan kabisat). Di budaya tradisional di Cina, lichun adalah waktu solar yang menandai dimulainya musim semi, yang terjadi sekitar 4 Februari.

Tanggal untuk Tahun Baru Cina dari 1996 sampai 2019 (dalam penanggalan Gregorian) dapat dilihat di tabel di atas, bersamaan dengan shio hewan untuk tahun itu dan cabang duniawinya. Bersamaan dengan daur 12-tahun masing-masing dengan shio hewan ada daur 10-tahun batang surgawi. 

Setiap surgawi dikaitkan dengan salah satu dari lima elemen perbintangan Cina, yaitu: Kayu, Api, Bumi, Logam, dan Air. Unsur-unsur tersebut diputar setiap dua tahun sekali sementara perkaitan yin dan yang silih berganti setiap tahun. Unsur-unsur tersebut dengan itu dibedakan menjadi: Kayu Yang, Kayu Yin, Api Yang, Api Yin, dan seterusnya. Hal ini menghasilkan sebuah daur gabungan yang berulang setiap 60 tahun. Sebagai contoh, tahun dari Tikus Api Yang terjadi pada 1936 dan pada tahun 1996.

Banyak orang mengacaukan tahun kelahiran Tionghoa dengan dengan tahun kelahiran Gregorian mereka. Karena Tahun Baru Cina dapat dimulai pada akhir Januari sampai pertengahan Februari, tahun Tionghoa dari 1 Januari sampai hari imlek di tahun baru Gregorian tetap tidak berubah dari tahun sebelumnya. Sebagai contoh, tahun ular 1989 mulai pada 6 Februari 1989. Tahun 1990 dianggap oleh beberapa orang sebagai tahun kuda. Namun, tahun ular 1989 secara resmi berakhir pada 26 Januari 1990. Ini berarti bahwa barang siapa yang lahir dari 1 Januari ke 25 Januari 1990 sebenarnya lahir pada tahun ular alih-alih tahun kuda.


Mitos Tahun Baru Imlek

Menurut legenda, dahulu kala, Nián (年) adalah seekor raksasa pemakan manusia dari pegunungan (atau dalam ragam hikayat lain, dari bawah laut), yang muncul di akhir musim dingin untuk memakan hasil panen, ternak dan bahkan penduduk desa. Untuk melindungi diri mereka, para penduduk menaruh makanan di depan pintu mereka pada awal tahun. 

Dipercaya bahwa melakukan hal itu Nian akan memakan makanan yang telah mereka siapkan dan tidak akan menyerang orang atau mencuri ternak dan hasil Panen. Pada suatu waktu, penduduk melihat bahwa Nian lari ketakutan setelah bertemu dengan seorang anak kecil yang mengenakan pakaian berwarna merah. Penduduk kemudian percaya bahwa Nian takut akan warna merah, sehingga setiap kali tahun baru akan datang, para penduduk akan menggantungkan lentera dan gulungan kerta merah di jendela dan pintu. 

Mereka juga menggunakan kembang api untuk menakuti Nian. Adat-adat pengurisan Nian ini kemudian berkempang menjadi perayaan Tahun Baru. Guò nián (Hanzi tradisional: 過年; bahasa Tionghoa: 过年), yang berarti "menyambut tahun baru", secara harafiah berarti "mengusir Nian".

Sejak saat itu, Nian tidak pernah datang kembali ke desa. Nian pada akhirnya ditangkap oleh 鸿钧老祖 atau 鸿钧天尊Hongjun Laozu, seorang Pendeta Tao dan Nian kemudian menjadi kendaraan Honjun Laozu.


Makna Tahun Baru Imlek

Setiap perayaan hari raya apapun agamanya, selalu memuat makna bagi pemeluknya dan juga dirasakan bagi komunitas lain di sekitarnya. Ritme kehidupan keseharian berubah menjadi suatu momentum yang menggembirakan. Ritualisme kultural kemudian memuat dimensi ekonomi. Umat Konghuchu atau ethnik Tionghoa kemanapun mereka merantau akan kembali berkumpul dalam keluarga (puan yuan).



Gong xi fa cai
Menyambut Imlek, berbagai persiapan dilakukan dalam keluarga dan di lingkungan komunitas Tionghoa. Makan malam bersama menjadi tradisi spiritual dan melembaga dalam keluarga. Ikan dingkis yang bertelur dengan harga raturan ribu perkilo menjadi menu utama. Buah jeruk Mandarin menjadi penghias dan buah penanda Imlek, berbagai ukuran dan rasa kue bakol disajikan. Rumah-rumah dihiasi dengan pernak-pernik Imlek.

Budaya memberi dalam bentuk angpao berwarna merah memeriahkan suasana yang kemudian kertas merah ini digantung di pohon angpao (yin liu). Lima belas hari dalam suasana berbahagia sampai ke-15 Imlek (cap go me) juga dirayakan memaknai spiritualitas dan ritualitas hari esok yang diharapkan lebih baik. Gambar dewa uang si pembawa rezeki selalu disucikan.

Dilakukan aksi bersih-bersih di tempat ibadah maupun rumah, agar murah rezeki dan keberuntungan usaha. Ramalan peruntungan berdasarkan tahun melalui sio kelahiran memberikan makna tersendiri agar hidup semakin hati-hati. Imlek memang tahun baru Tionghoa. Tapi kalimat “gong xi fa cai”, yang banyak terdengar atau ditempel di selama Imlek, bukan berarti “selamat tahun baru”.

Seperti ditulis koran Daily Express, yang sebagian besar pembacanya puak Cina di Sabah, Malaysia, “gong xi fa cai” itu berarti “selamat dan semoga sejahtera”. Kadang tulisan “gong xi fa cai” ditulis dengan cara lain karena beda ejaan dan dialek. Misalnya saja “keong hee huat chie” (Hokkien), “kung hei fat choi” (Kanton atau Hongkong), atau “kung hei fat choi” (Hakka).

Meski tulisannya tampak jauh dari dialek lain, tapi cara membaca “Gong Xi Fa Cai” tidak jauh berbeda dengan yang lain yakni: “kung shi fa tsai”. Ini karena huruf “g” di ejaan resmi itu dibaca “k”, “x” dibaca “sh”, dan “c” dibaca “ts”. Sebagai perbandingan, kata “kungfu” yang biasa di kenal di Indonesia, dalam ejaan resmi Mandarin menjadi “Gongfu”.

“Gong xi fa cai” itu menggunakan bahasa Mandarin dengan Hanyu Pinyin, ejaan huruf Latin yang dipakai resmi di Cina, Taiwan, dan Singapura. Sedang dialek lain menggunakan ejaan tidak resmi Wade-Giles.

Untuk anak-anak, ucapan yang digunakan lebih panjang lagi. Mereka akan mengatakan “gong xi fa cai, hong bao na lai” (kung shi fa tsai, ang pao na lai) yang berarti “selamat dan sejahtera, bawakan saya ang pao”. Bagi anak-anak Tionghoa, Imlek itu seperti Lebaran, saatnya mengumpulkan angpao.

Ucapan “gong xi fa cai” saling dipertukarkan saat Imlek sejak ribuan tahun yang lalu. Ingat saja, penanggalan Cina sekarang sudah berusia 26 abad, lebih tua enam abad dibanding penanggalan Masehi.


Sumber :
http://id.wikipedia.org
http://artvisualizer.wordpress.com/2010/02/12/makna-gong-xi-fa-cai/