Profil dan Kumpulan Terlengkap Lagu Nella Kharisma

Nella Tri Kharisma
Nella Kharisma - Bakat seninya sudah mulai terlihat sejak Nella berusia 3 tahun. Bukan tanpa sebab, bakat tersebut mengalir dari kedua orang tuanya yang juga berkecimpung di dunia musik campursari. Di usianya yang masih remaja (13 tahun)  Nella sudah aktif bernyanyi dari panggung ke panggung dengan diiringi musik organ tunggal. 

Menginjak dewasa Nella bergabung dengan orkes melayu “Lagista” pimpinan Cak Rull melebarkan sayapnya bernyanyi dengan lebih profesional lagi. Kemudian seiring perkembangan yang menginjakkan dipanggung orkes orkes ternama di Jawa Timur, lalu akhirnya sampai dan berlabuh untuk melanjutkan karirnya kejengjang yang lebih tinggi lagi secara nasional dan internasional, maka merupakan pilihan tepat bagi Nella, tahun 2017 resmi bergabung dengan NAGASWARA, dengan dirilisnya lagu pertama ekslusive yakni "Konco Mesra 2017" karya R. Husin Albana.

Karena ketenaran dan bakat yang semakin diakui masyarakat, label rekaman lain juga semakin tertarik untuk bekerjasama dengan biduan dangdut yang satu ini. Label musik yang juga menjadi patner kerja Nella Kharisma adalah DSA Record, Samudra Record dan Khatulistiwa Record. 


Profil Lengkap Nella Kharisma :

Nama Asli   : Nella Tri Kharisma
Nama Panggung : Nella Kharisma
Tanggal Lahir  : 04 November 1994
Tempat Lahir  : Kediri, Jawa Timur, Indonesia
Usia : 22 Tahun
Agama : Islam
Label Rekaman : Pancal Records, Samudra Record, Sakura Record, Dd Star
Facebook  : @nellakharisma.official
Instagram : @nellakharisma
Twitter : @nellalovers_ID
Situs Resmi : nellakharisma.id


Daftar Lengkap Lagu Terbaru - Nella Kharisma :
  1. Anak Konco Dewe
  2. Angkringan
  3. Aku Cah Kerjo
  4. Aku Mung Pelampiasan
  5. Akhire Cidro
  6. Asal Kau Bahagia
  7. Ati Dudu Kos Kosan
  8. Basah-basah
  9. Baper
  10. Bidadari Kesleo
  11. Bilang I Love You
  12. Bojo Biduan
  13. Bojo Ketikung
  14. Bojo Galak
  15. Bojoku Digondol Bojone
  16. Bojomu Geleman
  17. Buat Apa Susah
  18. Bunga Hati
  19. Cenat Cenut
  20. Cerita Anak Jalanan
  21. Cinta Anak Kampung
  22. Cinta Satu Minggu
  23. Cinta yang Sempurna
  24. Cinta Diantara Kita
  25. Cintaku Kau Terlantarkan
  26. Dengarlah Bintang Hatiku
  27. Dimana Dirimu
  28. Ditinggal Rabi
  29. Gemantung Roso
  30. Getun Masa lalu
  31. Hak'e Hak'e
  32. Indah Pada Waktunya
  33. Istimewa
  34. Jangan Pernah Selingkuh
  35. Jaran Goyang
  36. Jejakmu
  37. Juragan Empang
  38. Kangen Setengah Mati
  39. Kanggo Kowe
  40. Kapten Oleng
  41. Kedanan Riko
  42. Kelayung Layung
  43. Kelingan Mantan
  44. Kekasih Rahasia
  45. Kesandung Masa Lalu
  46. Kimcil Kepolen
  47. Konco Keringetan
  48. Konco Mesra
  49. Konco Turu
  50. Lali Rasane Tresno
  51. Lilakno Aku Dek
  52. Lilin
  53. Luka Hati Luka Diri
  54. Lungset
  55. Maju Mundur Cantik
  56. Mati Roso
  57. Mbagi Ati
  58. Modal Body Sexy
  59. Modal Dikit Dong
  60. Move On
  61. Mumet Karo Gantengmu
  62. Mung Nyawang
  63. Mung Sewates Konco
  64. Nganjur Ati
  65. Ngenteni Janjimu
  66. Ngunggah Ati
  67. Nonong
  68. Ojo Nguber Welase
  69. Pacar Terbaikku
  70. Pacarku Cah Ndeso
  71. Pantai Klayar
  72. Pesek Manis
  73. Pikir Keri
  74. Pisah
  75. Pisahe Tresnoku
  76. Piye Kabare Bojomu Seng Anyar
  77. Plis Dong Sayang
  78. Polisi
  79. Prapatan Malioboro
  80. Pulang Malu Tak Pulang Rindu
  81. Rajodo
  82. Remuke Ati Ndo
  83. Sabar Ini Ujian
  84. Sakne
  85. Salah Tempo
  86. Sambalado
  87. Sayang 2
  88. Sayang 3
  89. Sebelas Dua Belas
  90. Seberkas Sinar
  91. Selingkuh karo Sri
  92. Separo Nyowo
  93. Sepi Tanpo Kowe
  94. Sing Biso Pisah
  95. Sitik-Sitik
  96. Stell Kendo
  97. Suket Teki
  98. Sukirman
  99. Sun Eman
  100. Syair Kidung Cinta
  101. Tak Bisa Membenci
  102. Tak Enteni Tekamu ( Lungset 2 )
  103. Tangise Sarangan
  104. Teman Rasa Pacar
  105. Terminal Giwangan
  106. Terong-terongan
  107. Tewas Tertimbun Masa Lalu
  108. Tiada Lagi
  109. Tresno Marang Rondo
  110. Tresno Suci
  111. Tukang Ojek
  112. Vespa Rosok
  113. Ninja Vs. Vespa
  114. Walas Rahasia
  115. Watu Cilik
  116. Wes Wani Perih

Temuan Benda Tidak Sengaja yang Ternyata Bernilai Sangat Mahal

Pernah mendengar jargon dari sebuah iklan tivi "Orang pinter, Orang Kaya itu kalah sama orang beruntung..". Kata tersebut mungkin sangat cocok bagi beberapa orang dibawah ini yang mengalami keberuntungan yang tidak dipikirkan sama sekali. Tidak ada peringatan apapun, nasib sukses merubah kehidupan orang-orang ini menjadi kaya raya. Mereka menemukan beberapa benda bernilai tinggi tanpa disengaja dan itu membuat mereka didaulat jadi orang-orang yang beruntung.

Berikut beberapa benda temuan yang menjadikan penemunya dianggap sangat beruntung dalam penemuanya :

1. Royal One

Royal One

Salah seorang petugas tambang di Australia menemukan sebuah batu yang berkilau dan berukuran besar, tapi bukan berlian. Karena terlihat cantik, dia kemudian membawanya pulang dan menyimpannya selama 14 tahun.

Setelah 14 tahun, dia menunjukkan batu ini pada seorang kolektor dan ternyata batu tersebut adalah batu mulia yang sangat langka berjenis Black Opal. Batu ini bernilai sebesar Rp41 miliar dan batu itu kini dijuluki The Royal One.


2. Muntahan Paus

Muntahan Paus

Charlie Naysmith, bocah berusia 8 tahun dari Inggris ini menjadi jutawan berkat muntahan paus yang dia temukan. Saat sedang berjalan-jalan di pantai, Naysmith melihat bongkahan batu yang unik berwarna seperti marmer dan membawanya pulang untuk dikoleksi.

Setelah dia dan ayahnya mencari tahu, ternyata bongkahan itu adalah ambergris, atau muntahan paus yang sangat dibutuhkan dalam pembuatan parfum. Amergris itu terjual dengan harga Rp 868 juta.


3. Nugget Emas

Nugget Emas

Seorang petani di Australia menggunakan alat pendeteksi logam saat alat itu berbunyi di sekitar lahan pekarangan rumahnya. Dia menggali tanah dan menemukan sebongkah logam berwarna keemasan yang lebar.

Dia menggali lebih dalam dan menemukan harta karun berupa emas seberat 5,5 kg. Emas itu dia jual dan laku dengan harga Rp4,3 miliar


4. Hoxne Hoard

Hoxne Hoard

Peter Whating, seorang petani Inggris meminta bantuan pada temannya, Eric Lawes untuk mencari palunya yang hilang. Mereka mencarinya dengan alat pendeteksi logam buatan sendiri.

Namun, bukannya menemukan palu yang hilang, mereka malah menemukan sekotak penuh perhiasan dan koin emas senilai Rp207 miliar. Tapi semua perhiasan itu berasal dari zaman kuno dan disebut dengan Hoxne Hoard. 

Peter dan Eric menyerahkan temuannya ke British Museum dan mendapat hadiah dari museum sebesar Rp32 miliar


5. Dinding Berisi Koin

Dinding Koin

Sebuah rumah yang terbengkalai di Pennsylvania menyimpan harta karun di dindingnya. Saat itu sekelompok anak menemukan koin berceceran di sekitar dinding rumah.

Orangtuanya mencoba memukul-mukul dinding itu dan saat dindingnya pecah, ribuan keping koin berjatuhan. Total jumlah koin-koin itu bahkan mencapai Rp2,8 miliar

Resep Cara Membuat Cake Tape Keju Spesial yang Super Lezat

Bolu Tape Keju
Bahan I - Cake Tape Keju :
  • 350 gram tepung terigu serba guna atau protein sedang
  • 2 sendok teh baking powder
  • 50 gram susu bubuk full cream merk apapun
  • 1/4 sendok teh garam

Bahan II - Cake Tape Keju :
  • 340 gram mentega (bisa di mix dengan margarine dengan perbandingan 1 : 1)
  • 2 sendok teh vanilla ekstrak atau 1/4 sendok teh vanilli essens atau vanili bubuk 
  • 250 gram tape singkong + 3 sendok makan susu kental manis
  • 300 gram gula pasir
  • 6 butir telur suhu ruang
  • 2 butir kuning telur (optional)
  • 100 gram keju cheddar parut (optional)


Cara membuat Cake Tape Keju Spesial :
  1. Siapkan loyang bundt (lubang di tengah), olesi dengan margarine dan taburi dengan tepung terigu. Balikkan loyang dan ketukkan untuk membuang kelebihan tepung. Sisihkan.
  2. Siapkan oven, set disuhu 170'C, gunakan api atas dan bawah jika menggunakan oven listrik. Gunakan api bawah saja jika menggunakan oven gas. Jika oven pendek maka letakkan rak pemanggang di bagian paling bawah, dan alasi rak dengan sehelai loyang tipis untuk memanggang kue kering. Tujuannya agar bagian dasar cake tidak mudah gosong dan membuat panas oven lebih stabil. 
  3. Siapkan mangkuk, masukkan tape singkong yang telah dibuang serat-seratnya, hancurkan dengan sendok hingga lumat. Tambahkan susu kental manis, aduk rata. Sisihkan.
  4. Siapkan mangkuk, masukkan bahan I, aduk rata. Sisihkan.  
  5. Siapkan  mangkuk mikser, masukkan mentega dan vanilla ekstrak, kocok dengan kecepatan sedang hingga kembang dan warnanya berubah pucat. Tambahkan tape singkong, mikser hingga mengembang dan tercampur baik.
  6. Masukkan gula pasir, kocok dengan kecepatan sedang hingga tercampur baik. 
  7. Masukkan sebutir telur, mikser dengan kecepatan sedang hingga tercampur dengan baik dan adonan menjadi pekat (tidak ada cairan/basah), tambahkan telur berikutnya dan kocok dengan baik. Lakukan hingga semua telur dan kuning telur habis.
  8. Jika adonan sudah tercampur baik dan pekat, tuangkan tepung terigu dengan cara diayak langsung diatas adonan. Masukkan tepung dan keju parut secara berselang-seling, bergantian dalam 3 tahapan.
  9. Aduk perlahan dengan teknik aduk balik, hanya hingga adonan tercampur baik saja. Jangan berlebihan mengaduk, segera hentikan jika adonan sudah tecampur dengan baik. Over mixing ketika tepung telah dimasukkan akan membuat cake menjadi bantat.
  10. Adonan yang terbentuk pekat dan kental. Tuangkan adonan ke loyang. 
  11. Ratakan permukaan adonan dengan spatula hingga smooth. Panggang selama 45 menit atau hingga permukaan cake tampak kecoklatan dan ketika lidi  ditusukkan ke tengah cake maka tidak ada adonan yang menempel. 
  12. Keluarkan cake dari oven, diamkan selama 10 menit di loyang agar uap panasnya hilang. Balikkan cake di permukaan rak kawat. Diamkan hingga benar-benar dingin. Cake harus dalam kondisi dingin ketika dipotong agar tidak beremah. Siap disantap. 

Note: mengocok telur dengan adonan mentega merupakan bagian yang paling krusial, untuk mencegah mentega pecah karena terlalu banyak cairan maka masukkan telur satu persatu dan pastikan telur dikocok dengan baik sebelum menambahkan telur berikutnya.

Cara Menyusun Struktur dan Skala Upah Berdasarkan Acuan Permenaker No. 1 Tahun 2017

Struktur Upah adalah Susunan tingkat upah dari yang terendah sampai yang tertinggi atau sebaliknya, sedangkan Skala Upah adalah Kisaran nilai nominal upah untuk setiap kelompok jabatan.

Kalau demikian dapat dipastikan 100% perusahaan tempat Anda Bekerja memiliki Struktur dan Skala Upah !


Dasar Hukum Struktur dan Skala Upah
  • Undang-undang No. 13 Tahun 2003, Pasal 92 

    Ayat (1)
    Pengusaha menyusun Struktur dan Skala Upah dengan memperhatikan GOLONGAN, JABATAN, MASA KERJA, PENDIDIKAN DAN KOMPETENSI.

    Ayat (2)
    Pengusaha melakukan peninjauan upah secara berkala dengan memperhatikan kemampuan perusahaan dan produktivitas.

    Ayat (3)
    Ketentuan struktur dan skala upah sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) diatur dengan keputusan menteri  (SE-07/MEN/1990 - Upah Pokok : Imbalan dasar yang dibayarkan kepada pekerja menurut tingkat atau jenis pekerjaan yang besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan) 

  • Peraturan Pemerintah No. 78 Tahun 2015

    Pasal 3 Ayat (1)
    Kebijakan pengupahan diarahkan untuk mencapai penghasilan yang memenuhi penghidupan yang layak bagi pekerja/buruh.

    Pasal 3 Ayat (2) Kebijakan Pengupahan sebagaimana ayat 1 meliputi :
    i. Struktur dan Skala Upah yang Profesional

    Pasal 14 Ayat (3) Struktur dan Skala Upah sebagaimana dimaksud pada ayat 2 wajib diberitahukan kepada seluruh pekerja/buruh.

    Pasal 14 Ayat (4) Struktur dan Skala Upah sebagaimana dimaksud pada ayat 2 harus dilampirkan oleh perusahaan pada saat permohonan :
    a. Pengesahaan atau Pembaharuan Perjanjian Kerja, atau
    b. Pendaftaran, Perpanjangan, dan Pembaharuan PKB.

  • PERMENAKER No. 01 Tahun 2017

    Pasal 2 ayat (1) : Struktur dan Skala Upah wajib disusun oleh Pengesaha dengan memperhatikan Golongan, Jabatan, Masa Kerja, Pendidikan dan Kompetensi

    Pasal 3 ayat (1) : Upah yang tercantum dalam Struktur dan Skala Upah merupakan Upah Pokok

    Pasal 4 ayat (1) : Penyusunan Struktur dan Skala Upah dapat menggunakan tahapan :
    a. Analia Jabatan
    b. Evaluasi Jabatan
    c. Penentuan Struktur dan Skala Upah

    Pasal 8 :
    1. Struktur dan Skala Upah wajib diberitahukan kepada seluruh pekerja oleh pengusaha
    2. Pemberitahuan Struktur dan Skala Upah kepada seluruh pekerja/buruh sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan secara perorangan
    3. Struktur dan Skala Upah yang diberitahukan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sekurang-kurangnya Struktur dan Skala Upah pada Golongan Jabatan sesuai dengan jabatan Pekerja/Buruh yang bersangkutan

Dengan adanya Struktur dan Skala Upah pada perusahaan akan menghilangkan beban psikologi yang selama ini sering dikeluhkan hampir pada setiap pekerja/buruh, seperti :
  1. Kok tanggungjawab saya lebih besar dari pada Si B, padahal saya dengan Si B berada pada golongan jabatan dan upah yang sama.
  2. Kok upah Si B lebih besar dari pada saya, padahal jabatannya sama dan secara skill kemampuan saya lebih besar dari pada Si B.
  3. Pekerja yang baru masuk gajinya sama dengan yang sudah lama bekerja, kalaupun beda hanya sedikit.
  4. Sudah puluhan tahun bekerja di perusahaan tetapi mengapa upah masih segitu-gitu saja.
  5. Tidak adil, kami yang secara langsung menghasilkan uang untuk perusahaan mendapatkan imbalan yang sama dengan mereka yang melayani dan mendukung kami.

Fungsi Struktur dan Skala Upah Bagi Para Pekerja dan Pengusaha

Bagi Pekerja
  • Bentuk perlindungan upah kepada pekerja
  • Mewujudkan penghasilan yang memenuhi penghidupan yang layak
  • Keadilan internal perusahaan
Bagi Pengusaha
  • Meningkat efektivitas perusahaan dalam kebijakan upah
  • Meningkatkan daya tarik perusahaan dalam proses rekrutmen
  • Menjaga standar upah perusahaan tetap bersaing, minimal bisnis yang sejenis.

SKEMA PENYUSUNAN STRUKTUR DAN SKALA UPAH 





JOB DESIGN UNIT, ANALISA JABATAN & EVALUASI JABATAN






Resep Cara Membuat Sambal Ganja Khas Aceh

Sambal Ganja AcehSambal ganja Aceh bukanlah makanan haram, ini hanya masalah penamaan saja yang unik namun komposisi sambal ini mengandalkan cita rasa khas belimbing wuluh serta udang.

Rasa asam lebih mendominasi sambal ini dan itulah letak kekhasan dari sambal Serambi Mekah. Belimbing wuluh dipakai sebagai pemicu rasa asam sedangkan udang kali digunakan sebagai penonjol rasa gurih. Semua itu dicampur dengan bumbu rempah sehingga menghasilkan rasa sambal yang mantap.

Bahan-bahan untuk membuat Sambal Ganja Khas Aceh :
  • 500 gram udang ukuran kecil (kupas)
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 10 buah cabe rawit merah
  • 10 buah cabe rawit hijau
  • 8 siung bawang merah
  • 10 buah belimbing wuluh (potong kecil)
  • 5 lembar daun jeruk (buang tulang lalu iris halus)
  • 2 batang sereh (ambil bagian putihnya iris halus)
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt penyedap (optional)
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm minyak panas


Langkah Cara Membuat Sambal Ganja (Asam udeung) khas Aceh :
  1. Rebus udang yang sudah dikupas dengan air sampai udang berubah warna, angkat lalu tiriskan.
  2. Ulek kasar cabe merah keriting, cabe rawit merah, cabe rawit hijau, bawang merah serta belimbing wuluh lalu tambahkan udang yang seudah direbus, ulek kembali hingga halus dan udang tercampur rata.
  3. Masukan serai, daun jeruk, air jeruk nipis, garam dan gula, aduk rata.
  4. Sambal ganja (Asam udeung) siap dihidangkan

Resep Cara Membuat Takoyaki - Jajanan Khas dari Jepang

takoyaki jepangBahan Resep Takoyaki :
  • 150 gr tepung terigu (1 gelas)
  • 2 btr telur ayam, ambil putihnya satu saja
  • 200 ml kaldu ayam cair
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdt garam
  • Tambahan air secukupnya

Bahan Isian Takoyaki :
  • 100 gr cumi rebus, potong kotak kecil-kecil
  • 1/8 bagian dari 1 buah kol, iris halus
  • 1 btg daun bawang, iris tipis
  • 1 sdt garam

Bahan Pelengkap Takoyaki :
  • Saus takoyaki
  • Saus mayones
  • Irisan daun bawang

Cara Membuat Takoyaki - Jajanan Khas Jepang :
  1. Kocok telur, tuangkan kaldu ayam sedikit demi sedikit dan kocok lagi hingga menyatu.
  2. Campurkan terigu, baking powder dan garam, aduk biar tercampur merata. Tuangkan campuran telur dan kaldu ayam, aduk rata. Ukur kekentalan adonan, jika kurang encer tambahkan lagi air dingin secukupnya.
  3. Siapkan isian, campur semua bahan isian dan aduk hingga merata.
  4. Panaskan cetakan, beri minyak hingga kira-kira sepertiga dari kedalaman tiap lubang cetakan.
  5. Tuang adonan hingga setengah dari ketinggian lubang cetakan, masukkan isian dan tuang lagi adonan hingga penuh.
  6. Masak takoyaki hingga bagian bawah matang dan atasnya mengembang, setelah itu balikan untuk mematangkan bagian atasnya.
  7. Setelah matang, angkat dan sajikan bersama dengan bahan pelengkap.

Inilah Jenis-Jenis Musik Tradisional Indonesia yang dikenal Internasional

alat musik tradisional
1. Musik Gambang Kromong
Musik gambang kromong merupakan musik tradisi serapan yang sudah beradaptasi dengan lingkungannya. Cikal-bakal musik gambang kromong berasal dari musik etnis Cina. Kini sebagian besar pelakunya adalah para seniman Betawi. Fungsi musik ini sebagai lagu-lagu instrumentalia, musik iringan tari (tari cokek), dan perkembangan sekarang digunakan sebagai musik iringan lenong. Penyanyi Benyamin S dan Ida Royani pernah mempopulerkan jenis musik ini dalam bentuk-bentuk penyajian lagu humor gaya Betawi selama beberapa tahun, dan memperoleh sambutan yang sangat baik dari penggemarnya.


2. Musik Goong Renteng
Seperangkat gamelan goong renteng disebut juga kesenian gamelan Mbah Bandong. Kesenian tersebut berasal dari Desa Lebakwangi Batukarut, Kecamatan Pameungpeuk, Provinsi Jawa Barat. Fungsi kesenian ini digunakan khusus untuk upacara Muludan/Maulid Nabi Muhammad SAW. Gamelan goong renteng terdiri atas instrumen bonang, saron, kecrek, beri, dan kendang. Adapun lagu-lagu yang dibawakan, di antaranya lagu Sodom, lagu Pucung Lingkup, dan lagu Pangkur. Bentuk gamelan goong renteng ini sebenarnya merupakan sempalan dari jenis musik gamelan yang berkembang di Jawa Barat, yang kemudian diberi nuansa khusus kedaerahan yang kental, sehingga menjadi ciri khas daerah tersebut.


3. Musik Santi Swara dan Laras Madya
Salah satu musik tradisional dari Jawa Tengah yang sampai sekarang masih hidup, khususnya di daerah pinggiran adalah musik santi swara. Musik ini membawakan lagu-lagu Shalawatan (lagu pujian yang bernapaskan Islam) dengan bentuk lagu Jawa yang bernada slendro dan pelog yang digarap dengan memasukkan unsur karawitan, yang lazim dinamakan santi swara.

Adapun musik laras madya adalah bentuk musik yang mempunyai kemiripan dengan santi swara. Laras madya bentuknya seperti koor tetembangan yang instrumen pengiringnya berupa terbang (pokok), ditambah kendang, kemanak, dan bogem.

Bentuk penyajian kedua musik tersebut diatas hampir sama, perbedaannya terletak pada materi lagu dan cakupannya. Bentuk-bentuk yang serupa dengan penampilan ini adalah iringan penampilan Hadrah Kuntulan dari Banyuwangi serta Rudat dari daerah Cianjur Selatan.


4. Musik Krumpyung
Krumpyung pada mulanya adalah sebutan untuk sebuah instrumen yang terdiri atas serangkaian alat musik bambu yang biasa disebut angklung. Nama krumpyung berasal dari bunyi instrumen itu sendiri apabila instrumen tersebut digerakkan. Kesenian ini berasal dari Kelurahan Argowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Adapun pencipta semula kesenian tersebut adalah Bapak Sumitra dari dusun tersebut. Bentuk pemanfaatan alat musik angklung dalam sebuah orkestrasi, dilakukan pula dalam bentuk arumba yang memiliki tangga nada diatonis. Jenis musik arumba ini sempat populer pada tahun-tahun 1970-an, dan menjadi salah satu alat yang selayaknya dimiliki oleh sekolah-sekolah sebagai sarana pembelajaran seni musik.


5. Musik Gong Luang
Musik tradisional gong luang berasal dari Provinsi Bali. Gong luang merupakan seperangkat gamelan yang sifatnya sakral, yang umumnya digunakan untuk mengiringi upacara kematian (ngaben). Gong luang terdiri atas dua buah kata, yakni kata gong dan kata luang. Kata gong artinya mengacu pada nama itu sendiri, yaitu gong dan kata luang berarti ruang atau rong, yang mempunyai arti ruang/bidang untuk menyebutkan nama bidang atau motif ruang-ruang kosong, yang akan diberi motif-motif ukiran hiasan dan motif lainnya untuk memperindah alat musik tersebut.


6. Musik Karang Dodou
Musik karang dodou adalah musik tradisional khas daerah Tanah Siang, wilayah Barito Utara, Kalimantan Tengah. Musik karang dodou merupakan jenis musik ritual yang dapat disaksikan pada saat upacara adat tertentu, misalnya acara memandikan bayi/memberikan nama bayi (upacara "noka pati") dan mengobati orang sakit keras sehingga rohnya perlu dipelihara/disimpan. Upacara tersebut diberi nama upacara "nambang morua". Dalam musik ini banyak melantunkan vokal atau lagu-lagu yang mengucapkan mantra-mantra yang berisi doa-doa kepada "mohotara" (Tuhan Yang Maha Esa).


7. Musik Huda
Musik ini berangkat dari tiga jenis musik tradisional Minangkabau seperti dikil rabaro, dikil mundan, dan salaulaik dulang. Ketiga musik tersebut bernapaskan Islam. Dikil rabaro merupakan seni vokal yang memakai rabaro sebagai ritem ataupun sebagai iringan. Dikil mundan juga merupakan seni vokal yang memakai mundan sebagai ritem atau iringan. Salaulaik dulang merupakan seni vokal yang berfungsi sebagai ritem atau iringan.

Dalam menginovasikan musik tersebut, dicoba menggabungkan ketiga jenis musik itu hingga menjadi suatu komposisi musik yang utuh. Seperti kita pahami, peralatan musik terbang ini banyak sekali digunakan di berbagai daerah di Indonesia karena peralatan musik ini menyebar bersamaan dengan perkembangan agama Islam di Nusantara. Alat musik terbang itu sendiri sebenarnya merupakan alat musik yang berasal dari jazirah Arab dan sekitarnya, kemudian berkembang di Indonesia dalam konteks nuansa Islami.

8. Musik Syair Telimaa
Syair telimaa adalah salah satu syair yang cukup terkenal, di samping syair lawih dan syair lainnya. Dahulu syair ini dilantunkan pada saat pesta resmi dan pertemuan-pertemuan kerabat sesepuh Tanah Mandalam di bumi Uncok Kapuas (Kalimantan Barat). Isi syair ini merupakan pesan agar para generasi muda mempertahankan dan melestarikan nilai kejayaan budaya bangsa nenek moyang. Bentuk ritme dan melodi musik syair telimaa bergaya resitasi dengan tangga nada pentatonis, yaitu 5-6-1-2 / 3-5-6-1. Dalam nada-nada tersebut pada melodi syair telimaa terdapat nada-nada kromatis, yang tidak sama dengan nada-nada kromatis dalam tangga nada diatonis, misalnya G-A-C-D-E-G-A-C.


9. Musik Sasando Gong
Sasando merupakan alat musik khas Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Sasando gong merupakan jenis alat musik petik yang terdiri atas sebatang bambu sebagai tempat untuk menyangkutkan kawat halus untuk dipetik. Adapun untuk resonansi bunyi menggunakan daun lontar yang disusun berbentuk timba atau lontar. Pengertian harfiah nama sasando menurut asal katanya (dalam bahasa Rote) sasando atau sasandu artinya alat yang bergetar atau alat yang berbunyi. Fungsi musik sasando gong adalah sebagai hiburan, pengiring tarian, dan sebagai upacara adat setempat. Musik ini mempunyai tangga nada pentatonis (nada pelog dan slendro). Cara memainkannya sangat beragam, di antaranya menggunakan cara teo renda, ofa langga, feto bo, batu matia, basili, dan lain-lain.


10. Musik Tradisi Kombi
Musik kombi berasal dari pantai Irian Jaya, berasal dari kata nai krombi, yang artinya memetik atau memainkan. Alat musik krombi terbuat dari bambu, dimainkan terpadu dengan alat musik tradisional, di antaranya piko, nailavos, fu akuika, karapra, dan tifa. Fungsi musik ini sebagai hiburan, upacara adat maupun upacara keagamaan.


11. Musik Tabuh Salimpat
Musik ini merupakan musik tradisional daerah Lampung yang hingga saat ini masih hidup dan berkembang di daerah masyarakat pendukungnya. Tabuh salimpat ini menggunakan alat musik tabuh dan alat musik petik. Di dalam penampilan musik ini, instrumen yang paling menonjol adalah instrumen kerenceng dan gambus lunik. Adapun instrumen yang lain sebagai pelengkap saja. Fungsi musik ini digunakan sebagai upacara adat, juga sebagai alat berkomunikasi di antara kaum remaja dalam bentuk lagu yang disebut sesimbatan/pantun bersahutan, serta dapat sebagai iringan tari.


12. Musik Senandung Jolo
Senandung jolo merupakan salah satu musik tradisional yang ada di Provinsi Jambi, terutama yang ada di Kecamatan Muara Sabak, Kabupaten Jabung Timur. Senandung Jolo ini biasanya diadakan pada saat orang turun ke sawah yang sering disebut sebagai manunggal padi. Pada saat manunggal padi tersebut, para pemuda dan pemudi mengungkapkan isi hatinya dengan mengucapkan pantun secara bergantian yang diiringi dengan musik yang terdiri atas alat-alat musik kolintang kayu, biola, gendang satu, gendang dua, serta gong.


13. Musik Panting
Musik panting merupakan musik tradisional Kalimantan Selatan yang sangat digemari oleh masyarakat pendukungnya, dan merupakan kebanggaan daerahnya. Kata panting berarti petik, yaitu membunyikan senar dengan teknik sentilan. Musik ini dalam penyajian dahulunya banyak dipentaskan pada malam hari, dan sekarang sudah digunakan untuk menyambut tamu kehormatan atau sebagai musik hiburan rakyat. Musik tradisional panting terdiri atas instrumen panting itu sendiri, babaun, agung, marakas/giring-giring, dan talinting.


14. Musik Gaghahanggase
Gaghahanggase adalah salah satu musik tradisional masyarakat Sangihe Talaud yang sudah lama hidup dan berkembang di kalangan anak-anak. Musik gaghahanggase merupakan paduan dari beberapa jenis alat musik, baik yang sifatnya diatonis maupun nondiatonis. Masing-masing instrumen yang mendukung musik gaghahanggase adalah musik bambu, musik kentel/tunuta, musik seheng, musik tatengkorang, musik tagonggong, musik tambur, musik kalikitong, musik behongang/bia/kerang, dan musik karoncongang/juk kecil. Dalam penyajiannya, musik ini didukung oleh vokal pria maupun wanita dengan membawakan lagu-lagu daerah maupun lagu nasional.