Penyebab Cacar Ular/Herpes dan Cara Mengobatinya

Cacar Ular
Penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster ini muncul berkelompok atau berbaris pada satu area kecil di salah satu sisi wajah atau tubuh. dan biasanya setelah seseorang menderita cacar air, virus cacar air (varicella-zoster) akan menetap dalam kondisi tidak aktif.

Apabila seseorang mengalami penurunan kekebalan tubuh maka virus tersebut dapat aktif kembali dan menyebar melalui saraf tepi ke kulit sehingga menimbulkan ruam kulit yang menyakitkan (terasa panas dan terbakar pada bagian dalam kulit). 

Virus akan memperbanyak diri (multiplikasi) dan membentuk bintil-bintil kecil berwarna merah, berisi cairan, dan menggembung pada daerah sekitar kulit yang dilalui virus tersebut. Cacar ular umumnya terjadi pada orang dewasa dan orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah akibat stres, cedera, obat-obatan tertentu. Penyakit ini khas setengah badan menurut segmental/jalan saraf yang terkena. Jadi tidak akan melingkar satu badan. 


Gejala-gejala Cacar Ular/Herpes : 
  • Sebelum muncul benjolan, timbul demam, pusing, lemas, nyeri otot dan tulang, gatal, pegal. Bahkan nyeri bisa seperti sakit jantung atau nyeri pleura pada paru-paru. 
  • Kemudian muncul benjolan-benjolan kecil (vesikel) di kulit, merah, hitam, scar, bisa berdarah, nyeri, rasa terbakar, tajam. Jika di kepala akan terasa sakit sekali. Jika di punggung, vesikel muncul dari sisi tulang belakang (dari belakang ke tengah).


Adapun tempat-tempat munculnya adalah:
  • Thoracic/punggung, daerah dada sebesar >50% kasus. 
  • Trigeminal : di wajah/kepala mengikuti jalan saraf trigeminus, sebesar 10-20% kasus. 
  • Lumbosacral, cervical: sekitar leher, punggung bawah-bokong, sebesar 10-20% kasus. 
kapsul zovirax
Bila mengalami ciri-ciri tersebut diatas, segera pergilah ke dokter. Seperti pengalaman yang saya alami pada orangtua, dokter memberikan obat penahan rasa nyeri (analgetik), penurun panas (antipiretik), antivirus berupa acyclovir dalam bentuk salep, oral atau intravena, dan kortikosteroid. dan memberikan resep obat Zovirax 400mg untuk dibeli di apotik karena harga yang cukup mahal pertabletnya. berdasarkan anjuran dari dokter untuk diminum per 3 jam sekali. Alhamduilillah selama 5 hari ruam-ruam dikulit pada pinggang hilang tak berbekas.

Perhatian : Pada kebanyakan apotik, Zovirax 400mg jarang ada, anda bisa membeli Zavirax 200mg dan meminumnya 2 butir/tablet. harga per strip Rp. 45.000 s/d 50.000. Sebaiknya anda konsultasikan dulu penggunaan obat ini pada dokter anda. agar tidak salah dalam penggunaan dosisnya.