Manfaat Inisiasi Dini Bagi Kesehatan Ibu dan Bayi

Inisiasi Dini
Inisiasi dini adalah proses alami bayi dalam pencarian puting ibu pada pasca lahir. Pada dasarnya tujuan utama dari proses inisiasi dini sebenarnya adalah untuk mencegah hiportemi pada sang bayi. Karena dari tempat rahim ibu yang panas, bayi akan menuju ruang persalinan yang dingin.

Disisi lain, inisiasi dini merupakan langkah awal menuju ASI Eksklusif yang merupakan antibodi terbaik bagi bayi. Karena itu pula langkah melakukan inisiasi dini menjadi titik penting bagi kehidupan bayi kedepannya.

Inisiasi dini dapat menurunkan angka kematian bayi dan juga merangsang ASI ibu lebih cepat keluar. Berdasarkan penelitian diluar negeri, resiko kematian bayi dapat menurun hingga 22% pada bayi yang mendapatkan inisiasi dini dalam jam pertama kehidupannya. Kandungan kolostrum yang keluar pertamakali pada ASI saat itu menjadi antbodi dan zat pelindung bagi si bayi sehingga bayi terlindung dari infeksi dan penyakit. Sedangkan penundaan inisiasi dini dapat meningkatkan resiko kematiam hingga 2 kali lipat.


Manfaat Inisiasi Dini Bagi Kesehatan Bayi

  • Inisiasi dini merupakan langkah langkah menuju keselamatan si bayi. Ketika meit-menit pertama bayi merayap di perut dan dada ibu, saat itu bayi akan mengecap bibir dan mengecap permukaan kulit sebelum menghisap puting dan area hitam disekitar puting ibu. Disaat itulah bayi akan mendapatkan cara alami untuk mengumpulkan bakteri baik yang disebut bakteri non patogen sebagai sistem tubuh kekebalannya.
  • Inisiasi dini dapat membentuk kedekatan bayi dengan sang ibu secara psikologis, kehangatan pelukan sang ibu dengan bayi yang sedang mencari puting ibu hingga mendapatkan ASI pertamanya akan mengikat bahtin keduanya sejak awal kelahiran.
  • Kekuatan inisiasi dini pada bayi juga membantu menjaga kemampuan bayi untuk bertahan alamiah. Jadi secara tidak langsung ibu telah memberikan satu generasi manusia dalam bertahan alami.
  • Inisiasi dapat mengurangi stess pada bayi sehingga lebih tenang dan denyut nadi lebih stabil.
  • Inisiasi dini secara otomatis merangsang otak ketika bayi bergerak dan menggunakan panca inderanya, seperti penciuman, menjilat dan pengelihatan. Nahkan zat-zat yang terkandung dalam ASI juga dapat memperbaiki perkembangan otak si bayi


Manfaat Inisiasi Dini Bagi Kesehatan Ibu

Inisiasi dini juga bermaanfaat bagi kesehatan ibu bahkan memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan tubuh pada sang ibu. Diantanya adalah :

  • Ketika bayi menggerakkan badan dan bergerak menuju payudara ibu, otomatis kakinya akan menendang perut si ibu. Pergerakan itu diketahui dapat membantu mencegah permasalahan kandungan pada si ibu.
  • Ketika bayi menyusu, ada yang disebut refleks oksitosin. Refleksi oksitosin akan terjadi ketika si bayi menyusu pada ibu, lalu terjadi rangsangan otak yang akan mengeluarkan kelenjar hipofisis sebagai proses keluarnya hormon oksitosin. Hormon oksitosin merupakan hormon yang dapat mengontraksi saluran kelenjar payudara agar ASI mengalir lancar, juga berfungsi untuk memperkecil kontrasi kandungan sehingga otot rahim kembali normal.
  • Inisiasi dini sangat berguna bagi kelangsingan tubuh si ibu. Inisiasi dini mampu memperlancar ASI Eksklusif. Apabila si ibu aktif memberikan ASI maka berat badan akan kembali normal. Rata-rata ibu hamil akan naik berat badan hingga 13 kilo padahal berat bayi paling besar sekitar 4 kilo, sisa dari itu adalah lemak yang disimpan dan dipakai untuk membuat ASI nantinya.


Tips agar Inisiasi Dini berjalan lancar

Selain kemampuan bayi menghisap dengan baik dan bantuan para ahli medis setelah persalinan, satu hal yang perlu dan menjadi perhatian ibu adalah keadaan payudara si ibu. Pada saat bayi lahir tangan bayi jangan dibersihkan supaya ketika bayi mencium tangannya melalui indera penciumannya pertama kali akan mencari bau yang sama yaitu puting ibunya. Karena itu, ibu yang akan melahirkan sebaiknya jangan dibersihkan putingnya, kelenjar-kelenjar yang ada disekitar aerola merupakan kelenjar lemak atau minyak yang akan melumasi secara alami.


Cara melakukan inisiasi dini pada persalinan caesar

Apabila dalam keadaan operasi caesar dengan keadaan ibu tetap sadar, bayi yang lahir segera dikeringkan tanpa menghilangkan lemak yang menempel ditubuhnya. Bayi pun akan ditelungkupkan di perut atau dada ibu untuk mulai mencari puting susu ibu selama operasi berlangsung. Sementara operasi dengan pembiusan secara anastesi, maka sang ayah dapat membantu melakukan kontak kulit dengan kulit bayi sambil menunggu si ibu selesai operasi. Jika kontak harus ditunda, bayi dapat dimasukkan ke dalam inkubator sehingga inisiasi dini dapat dilakukan setelah kondisi ibu dan bayi stabil.


Cara melakukan inisiasi dini pada persalinan kembar

Bagi ibu yang mememiliki bayi kembar, inisiasi dini sangat sulit dilakukan secara bersamaan. Karena persalinan bayi kembar tidak mungkin lahir secara bersamaan jadi ada waktu bagi ibu untuk memberikan inisiasi secara giliran. Karena itu, setelah bayi pertama lahir segara diletakan pada kulit ibu sampai persalinan bayi selanjutnya. Biasanya sang ayah membantu menggendong salah satu bayi, menunggu giliran untuk menyusu pada si ibu. Hal ini terkadang membutuhkan tenaga dari suster untuk kelancaran inisiasi dini pada bayi.


Sumber : Majalah Kartini - Edisi Khusus Ibu & Anak