Sejarah Greenday - Biodata Personil dan Kumpulan Lengkap Lagu Greenday

Sejarah-Greenday
Green Day adalah band punk rock asal Amerika yang dibentuk pada tahun 1987 di Berkeley, California. Band ini terdiri dari trio Billie Joe Armstrong, Mike Dirnt, dan Tre Cool. Green Day sangat diakui karena keberhasilan mereka dalam membuat genre punk rock kembali terkenal, bersama-sama dengan Sublime, The Offspring, dan Rancid.

Sejarah Terbentuknya Nama Greenday

Pada tahun 1987, sahabat Billie Joe Armstrong dan Mike Dirnt yang berusia 15 tahun membentuk band bernama Sweet Children. Pada awal 1988, Armstrong dan Dirnt mulai bekerja dengan Sean Hughes dan mantan drummer Isocracy, John Kiffmeyer, atau juga dikenal sebagai Al Sobrante. Sean Hughes bertindak sebagai bassist dan Kiffmeyer bertindak sebagai drummer sekaligus manajer. Armstrong menyebutkan band Operation Ivy (yang beranggotakan Tim Armstrong dan Matt Freeman dari Rancid) sebagai pengaruh besar bagi mereka dan menginspirasi mereka untuk membentuk band.

Pada tahun 1988 Hughes meninggalkan Sweet Children. Adalah Larry Livermore yang melihat potensi Sweet Children ketika tampil dan memutuskannya untuk mengontrak mereka ke labelnya sekaligus merilis mini album perdana mereka 1,000 Hours. Atas saran dari Livermore, Sweet Children diubah menjadi Greenday karena dimasa yang sama terdapat band lokal lain bernama Sweet Baby, hal ini untuk menghindari kerincuan nama di kedepannya.


Biodata Personil Greenday

Billie-Joe

Billie Joe Armstrong



Nama Lengkap : Billie Joe Armstrong

Tanggal Lahir : 37; February 17, 1972

Rumah : Rodeo, California, USA
Warna Mata : Hijau
Warna Rambut : Coklat kemerahan
Tinggi : 5’7″
Status : istri ‘Adrienne Nesser; menikah July 2, 1994
Anak : Joseph Marciano – Lahir Maret 1995; Jakob Danger – Lahir September 1998
Keluarga : Ayah Billie, Andy, Meninggal karena kangker saat billie masih 10 tahun (September 1982). Ibunya, Ollie, Masih mengasuh Billie. dia mempunyai 5 kakak (David, Alan, Marci, Hollie, and Anna)
Alat Musik : Gitar, harmonika, mandolin, drums, piano, and saxophone
Perusahaan Recording: Billie and Adrienne have co-ownership of Adeline Records.
Band Lainnya : Billie masih bermain dengan Pinhead Gunpowder. dia juga pernah bermain dengan The Influents, Corrupted Morals, Rancid, the Lookouts, Goodbye Harry, dan Blatz. kebannyakan dia bermain dengan the Network and Foxboro Hot Tubs.

Joe-Armstrong
Joe Armstrong - Armstrong adalah anak paling muda dari enam bersaudara, lahir di Oakland, California, dan diasuh di Rodeo, California. Ayahnya, Andy Armstrong, adalah pemain musik yang beraliran jazz dan sopir truk, telah meninggal karena kanker ketika Armstrong berumur 10 tahun. Ibunya, Ollie Jackson, adalah pelayan di sebuah restoran bernama Rod's Hickory Pit, tempat dimana Billie dan temannya Mike Dirnt bekerja di masa remaja mereka. Rod's Hickory Pit adalah tempat dimana Armstrong dan band nya Sweet Children tampil pertama kali. Ibunya, Ollie salah menulis nama ketika Billie lahir. Dia memberikan nama Billie yang seharusnya di tulis Billy. Armstrong adalah satu-satunya anggota di band Green Day yang menggunakan nama aslinya. Kedua temannya, Michael Ryan Pritchard (Mike Dirnt) dan Frank Edwin Wright III (Tré Cool), telah mengganti nama mereka.




Mike-Dirnt

Mike Dirnt

Nama lengkap : Michael Ryan Pritchard (Mike Dirnt)
Tanggal Lahir : 37; may 4, 1972
Tempat Tinggal : Berkeley, California, USA
Warna Mata : Biru
Warna Rambut : Cokelat
Tinggi : 5’10″
Status : Pernah Menikah dengan istri pertama, Anastacia pada tahun 1996. Lalu menikah lagi dengan istri kedua, Sarah saat tahun 2004 lalu bercerai lagi. Mike menikahi pacarnya, Brittney, saat maret 2009.
Anak : Anak perempuan, Estella Desiree (Stella), Lahir April 1997, dari Anastacia; Son Brixton Michael, Lahir October 11, 2008 dari Brittney
Keluarga : Mike adalah anak adopsi. Orang tua yang mengadopsi Mike bercerai waktu Mike berumur 7 tahun, dan keduannya telah menikah lagi. Mike mempunyai satu saudara perempuan angkat, bernama Myla.
Alat Musik : Bass, farfisa, gitar, drums, and a baseball bat.
Restoran : Mike Pemilik Rudy’s Can’t Fail Cafe, di Emeryville, CA.
Band Lain: Mike masih bermain dengan “The Frustrators”. dia juga pernah bermain dengan “Screeching Weasel”, “Crummy Musicians”, dan “Squirtgun”. paling sering bermain dengan “the Network” dan Foxboro Hot Tubs.



Michael Ryan
Michael Ryan Pritchard - dikenal sebagai Mike Dirnt, dilahirkan pada tanggal 4 Mei 1972. Ibu dari Mike adalah pecandu Heroin. Dia telah diberikan untuk adopsi ketika dia masih bayi ke seorang Ibu berdarah Amerika dan Ayah kulit putih putih. Ketika dia 7 tahun, orang tua adopsinya bercerai. Mike tinggal bersama ayahnya untuk beberapa saat, tetapi dia dikirim kembali ke ibunya. Sementara itu kakaknya meninggalkan rumah pada usia 13 tahun. “Ada segala jenis hal yang terjadi,” kata Mike. “Ketika saya masih di kelas empat atau lima, Ibuku keluar malam, dan datang pada hari berikutnya dengan seorang cowok, dan cowok itu pindah ke rumahku saya tidak pernah bertemu dengannya sebelumnya, dan tiba-tiba dia menjadi ayah tiri saya. Kami tidak dapat bersama-sama selama bertahun-tahun. Kemudian, ketika saya SMA, Ibu saya meninggalkan kami, dan aku dan ayah tiriku sangat menjadi dekat. Tapi kemudian ia meninggal ketika saya masih 17 tahun.

Oleh karena itu, Mike pergi meninggalkan rumah ketika dia berumur 15 tahun. Ia kemudian menyewa sebuah kamar di rumah Ibunya Billie , dan kemudian ia tinggal dengan para punker Bay Area. Billie dan Mike mulai hidup mereka yang setiap pekan di Gilman Street Project. Mike masih terus pergi ke sekolah, bermain di “Sweet Children” (yang kemudian menjadi Green Day), dan tinggal sendiri. Dia mendukung dirinya bekerja sebagai tukang masak. Mike hampir tidak lulus dari sekolah, karena ibunya menolak untuk menandatangani salah seorang wajib-bentuk kehadiran. “Pada akhirnya, Mike telah lulus dari sekolah tinggi, dan bahkan ia membawa lebih dari satu tahun nilai kursus di masyarakat kampus. Billie dan Mike kemudian dipindahkan ke daerah di Oakland, California (yangmenjadi inspirasi untuk lagu “Welcome To Paradise”.


Mike Dirnt-family
Mike menikahi pacar terlamannya yang bernama Anastacia pada tahun 1996, dan putri mereka, Estella-Desiree, dilahirkan pada bulan April 1997. Mike sangat mencintai anak perempuannya, dan panggilan untuk dia adalah “Hero.” Hari ini, Mike dan Anastacia sudah bercerai tetapi masih berhubungan baik layaknya teman. Dia menikah kembali dengan Sarah pada tahun 2004, namun dia ditinggalkan istrinya, karena Mike terlalu banyak menghabiskan waktu di studio rekaman saat era American Idiot. Mike menikah isterinya, Brittney, pada bulan Maret 2009. Dia menyambut dan Brittney kelahiran anak laki-lakinya, Michael Brixton, pada 11 Oktober 2008. Dia dan keluarganya sekarang tinggal di Oakland, California. Mike juga memiliki kafe / resturant bernama Rudy’s Can’t Fail Cafe, nama itu di ambil dari sebuah judul lagu dari “the Clash”. Kafe itu terletak di Emeryville, CA.




Tre-Cool
Tre Cool

Nama Lengkap : Frank Edwin Wright III
Tanggal Lahir : 36; December 9, 1972
Tempat Tinggal : Willits, California, USA
Warna Mata : Blue
Warna Rambut : Brown
Tinggi : 5’10″
Status : Menikahi pacar terlamannya Lisea Lyons bulan maret tahun 1995. Bercerai setelah itu. May 2000, Menikahi Claudia. tahun 2003, Tre dan Claudia bercerai.
Anak : Anak perempuan Ramona, Lahir Januari 1995 dari Lisea; Son Frankito (“Little Frank”,Lahir tahun 2001 dari Claudia
Keluarga : Tre berkembang dengan ayahnya dan 2 saudarannya. sekarang dia tinggal di oakland, California, dengan mantan istrinya Claudia, dan anaknya, Frankito.
Alat Musik : Drums, accordion, and guitar
Band Lain : Tre pernah bermain dengan The Lookouts dan Samiam. kebanyakan Tre bermain dengan the Network and Foxboro Hot Tubs.



Tre Cool-kecil
Frank Edwin Wright III alias Tre Cool - Lahir 9 Desember 1972 adalah seorang musisi dan drummer asal Amerika yang dikenal atas karyanya bersama band punk Amerika Green Day. Dia mulai menjadi drummer Green Day setelah menggantikan posisi John Kiffmeyer pada tahun 1990. Cool juga bermain untuk The Lookouts dan proyek sampingan Green Day, The Network dan Foxboro Hot Tubs. Nama "Tre Cool" dikabarkan diberikan oleh vokalis The Lookouts, Larry Livermore, ketika dia diajak bergabung menjadi drummer. Nama tersebut menggabungkan kata Perancis "très" (berarti "sangat") dan kata Inggris "cool" (berarti "keren"). Namun terdapat pula kabar bertolakbelakang yang menyebut nama tersebut telah digunakan sebelum Cool bergabung dengan The Lookouts.


Kumpulan Album Lengkap Greenday

Album : 39/Smooth
Released : 13 April 1990


    Album-39/Smooth
  1. At the Library
  2. Don't Leave Me
  3. I Was There
  4. Disappearing Boy
  5. Green Day
  6. Going to Pasalacqua
  7. 16
  8. Road to Acceptance
  9. Rest
  10. The Judge's Daughter



Album : Kerplunk
Released : 17 Januari 1992

    Album-Kerplunk
  1. 2000 Light Years Away
  2. One for the Razorbacks
  3. Welcome to Paradise
  4. Christie Road
  5. Private Ale
  6. Dominated Love Slave
  7. One of My Lies
  8. 80
  9. Android
  10. No One Knows
  11. Who Wrote Holden Caulfield?
  12. Words I Might Have Ate

Album : Dookie
Released : 1 Februari 1994

    Album-Dookie
  1. Burnout
  2. Having a Blast
  3. Chump
  4. Longview
  5. Welcome to Paradise
  6. Pulling Teeth
  7. Basket Case
  8. She
  9. Sassafras Roots
  10. When I Come Around
  11. Coming Clean
  12. Emenius Sleepus
  13. In the End
  14. F.O.D.

Album : Insomniac
Released : 1995

    Album-Insomniac
  1. Armatage Shanks
  2. Brat
  3. Stuck With Me
  4. Geek Stink Breath
  5. No Pride
  6. Bab's Uvula Who?
  7. 86
  8. Panic Song
  9. Stuart And The Ave
  10. Brain Stew
  11. Jaded
  12. Westbound Sign
  13. Tight Wadd Hill
  14. Walking Contradiction

Album : Nimrod
Released : 14 Oktober 1997

    Album-Nimrod
  1. Nice Guys Finish Last
  2. Hitchin' a Ride
  3. The Grouch
  4. Redundant
  5. Scattered
  6. All the Time
  7. Worry Rock
  8. Platypus (I Hate You)
  9. Uptight
  10. Last Ride In
  11. Jinx
  12. Haushinka
  13. Walking Alone
  14. Reject
  15. Take Back
  16. King for a Day
  17. Good Riddance (Time of Your Life)
  18. Prosthetic Head

Album : Warning
Released : 3 Oktober 2000

    Album-Warning
  1. Warning
  2. Blood, Sex and Booze
  3. Church on Sunday
  4. Fashion Victim
  5. Castaway
  6. Misery
  7. Deadbeat Holiday
  8. Hold On
  9. Jackass
  10. Waiting
  11. Minority
  12. Macy's Day Parade

Album : American Idiot
Released : 21 September 2004

    American-Idiot
  1. American Idiot
  2. Jesus of Suburbia
  3. Holiday
  4. Boulevard of Broken Dreams
  5. Are We the Waiting
  6. St. Jimmy
  7. Give Me Novacaine
  8. She's a Rebel
  9. Extraordinary Girl
  10. Letterbomb
  11. Wake Me Up When September Ends
  12. Homecoming
  13. Whatsername

Album : 21st Century Breakdown
Released : 15 Mei 2009

    Album-21st Century Breakdown
  1. Song of the Century
  2. 21st Century Breakdown
  3. Know Your Enemy
  4. ¡Viva la Gloria!
  5. Before the Lobotomy
  6. Christian's Inferno
  7. Last Night on Earth
  8. East Jesus Nowhere
  9. Peacemaker
  10. Last of the American Girls
  11. Murder City
  12. ¿Viva la Gloria? (Little Girl)
  13. Restless Heart Syndrome
  14. Horseshoes and Handgrenades
  15. The Static Age
  16. 21 Guns
  17. American Eulogy
  18. See the Light

Album : iUno!
Released : 24 September 2012

    Album-iUno!
  1. Nuclear Family
  2. Stay the Night
  3. Carpe Diem
  4. Let Yourself Go
  5. Kill the DJ
  6. Fell for You
  7. Loss of Control
  8. Troublemaker
  9. Angel Blue
  10. Sweet 16
  11. Rusty James
  12. Oh Love