Tips Mengobati/Menyembuhkan Penyakit Gondongan Pada Anak

Penyakit Gondongan
Sudah beberapa hari ini anak kami menderita penyakit gondongan, pembengkakan yang sebelumnya hanya di bawah pipi sebelah kanan kini menjalar ke bagian sebelah kiri, dari pembengkakan itu anak kami susah untuk membuka mulut, badannya panas dan sesekali dia menangis menahan rasa sakit.

Para tetangga banyak menyarankan untuk memberikan blawu (bubuk berwarna biru untuk memcuci pakaian) ada juga yang menyarankan agar membuat kalung dari buah mengkudu dan dikalungkan di lehernya, entah dari mana awal pengobatan itu ada, yang pasti dari mereka cara tersebut memang terbukti berhasil dan sembuh.

Tetapi kami mencoba untuk pengobatan secara medis menanyakan secara detail penyakit anak kami ini kepada dokter. Setelah diperiksa dokter menjelaskan bahwa memang benar anak kami menderita penyakit gondongan. Dokter pun menjelaskan bahwa Penyakit Gondongan (Mumps atau Parotitis) adalah penyakit menular dimana sesorang terinfeksi oleh virus (Paramyxovirus) yang menyerang kelenjar ludah (kelenjar parotis) di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah. 

Jika terlambat dalam penanganannya akan mengakibatkan pembengkakan pada bagian tubuh lain. yang lebih mengerikan lagi jika pembengkakan sudah menjalar ke bagian biji alat kelamin pada penderita kaum pria. mereka akan sulit mendapatkan anak atau bisa mengakibatkan mandul.

Kami diberikan 3 jenis obat yang berbentuk syrup (karena baru berusia 6 tahun) diantaranya : Metamol (paracetamol), Yusimox (forte Amoxillin) dan Lerzin (Cetizine 2HCI) dan satu lagi yang harus ditebus di apotek yaitu ISPRINOL (Syrup Methisoprinol) sebagai anti virus dari penyakit tersebut..

Dokter juga menyarankan agar memberikan makanan lembek saat masa penyembuhan agar kelenjar air liur tidak terlalu banyak keluar yang bisa berakibat buruk bagi si anak.

Demikian yang kami lakukan ketika anak kami menderita penyakit gondongan. Tidak sedikit juga pengobatan yang secara tradisional dapat menyembuhkan penyakit gondongan diantaranya :


Cara pertama :
  • Siapkan beberapa ranting belimbing muda beserta daunnya kira-kira 7 ranting atau lebih .
  • Siapkan 4 buah  bawang merah  ukuran sedang .
  • Campurkan kedua bahan tersebut kemudian tumbuk sampai halus lalu balurkan ramuan tersebut pada tempat yang sakit . Lakukan hal ini secara rutin sampai bengkaknya kempes dan sembuh . 


Cara kedua :
  • siapkan kapur biru atau orang biasanya menyebut dengan nama blawu, campur kapur biru tersebut dengan air secukupnya kemudian balurkan pada tempat yang bengkak / gondongan sampai merata . Lakukan sampai bengkaknya kempes dan sembuh .


Cara Ketiga :
  • 2 Lembar daun simbar menjangan
  • Garam dan air secukupnya 
  • Dicuci dan digiling halus kemudian diberi garam dan air
  • Gunakan melumasi bagian yang sakit 2 kali sehari

Ditulis Oleh : DHEKKAZONE ~ Kumpulan Informasi dan Ilmu Pengetahuan Umum

DHEKKAZONE Sobat sedang membaca artikel tentang Tips Mengobati/Menyembuhkan Penyakit Gondongan Pada Anak. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :

Zona Islam

Zona Islam Lainnya »

Zona Sejarah

Zona Sejarah Lainnya »

Zona Wisata Menarik

Zona Wisata Lainnya »

Zona Aneh, Fenomenal dan Unik

Zona Aneh, Fenomenal dan Unik Lainnya »
 
DHEKKAZONE - Kumpulan Informasi dan Ilmu Pengetahuan Umum
Template Design By DHEKKAZONE | Powered By Blogger