Tuntunan Shalat Tasbih

Shalat Tasbih
Rosulullah Saw bersabda, yang artinya :
"Hendaklah engkau shalat empat rakaat pada rakaat pertama engkau membaca surat Al-Fatihah dan membaca surat, setelah selesai pada surat pertama dan engkau masih dalam keadaan berdiri, maka bacalah Subhanallah wal Hamdulillah Walaa Ilaaha Illallah Wallahu Akbar (Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah dan tiada Tuhan yang patut disembah melainkan hanya Allah) sebanyak lima belas kali, kemudian engkau ruku' dan dalam ruku' ini engkau baca sepuluh kali, kemudian engkau angkat kepalamu dari ruku' engkau berdiri dan bacalah tasbih sepuluh kali, kemudian engkau sujud, kemudian engkau sujud, dalam sujudmu engkau baca tasbih sepuluh kali, kemudian engkau duduk diantara dua sujud dan engkau membaca sepuluh kali, kemudian engkau sujud lagi dan dalam sujudmu engkau membaca tasbih sepuluh kali,. Kemudian engkau mengangkat kepalamu dari sujud dan engkau membaca sepuluh kali sebelum berdiri untuk rakaat kedua. Nah, maka dalam satu rakaat ini berarti tujuh puluh lima kali bacaan tasbih, engkau lakukan itu sebanyak empat rakaat. Kalau engkau mampu kerjakanlah setiap hari sekali, kalau tidak mampu maka kerjakanlah setiap hari jum'at sekali kalau tidak mampu maka kerjakanlah sebulan sekali , kalau tidak mampu maka kerjakanlah setahun sekali dan kalau tidak mampu maka kerjakanlah selama hidupmu sekali" (HR.Abu Daud, Turmudzi)


A. Jumlah Rakaat Shalat Tasbih

Menurut HR. Abu Daud, Turmidzi dan Ibnu Khuzaemah dari Ibnu Abbas ra bahwa jumlah rakaat dalam shalat Tasbih yaitu 4 rakaat. Menurut Imam Al-Ghozali membedakan diwaktu siang dengan malam hari, maka hendaknya dikerjakan dengan 2 kali salam. Adapun niat shalatnya sebagai berikut :


"Usholi Sunnata Tasbihi Rokaatin Lillahi Ta'ala, Allahu Akbar"


B. Lafadz Tasbih yang dibaca dalam shalat Tasbih

  • Subhanallah wal Hamdulillah Walaa Ilaaha Illallah Wallahu Akbar (Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah dan tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar)
  • Perlu diingat dan diketahui bahwa bacaan tasbih selengkapnya dalam shalat Tasbih adalah : Subhanallah wal Hamdulillah Walaa Ilaaha Illallah Wallahu Akbar wa la haula wa la quwwata illa billahil aliyyil adhim (Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah dan tiada Tuhan yang patut disembah melainkan hanya Allah)

C. Surat yang dibaca dalam shalat Tasbih yaitu :
  • Pada rakaat pertama sesudah membaca Al-Fatihah kemudian diteruskan membaca surat At-Takaatsur.
  • Pada rakaat kedua sesudah membaca Fatihah, membaca surat Al-Ashr
  • Pada rakaat ketiga sesudah membaca Fatihah, membaca surat Al-Kaafirun
  • Pada rakaat keempat sesudah membaca Fatihah, membaca surat Al-Ikhlas

D. Ketentuan shalat tasbih yaitu :
  1. Niat
  2. Takbiratul ihram, (kita ucapkan niat shalat yang dikerjakan, seraya membaca takbira-tul ihrom)
  3. Membaca doa iftitah
  4. Membaca Al-Fatihah, diteruskan membaca surat kemudian sebelum ruku' membaca tasbih sebanyak 15 kali
  5. Ruku' kemudian disusul dengan membaca tasbih 10 kali
  6. I'tidal dan membaca tasbih lalu membaca bacaan seperti shalat-shalat biasa kemudian disusul dengan membaca tasbih 10 kali
  7. Sujud dan membaca tasbih sebagaimana biasa yang ada didalam shalat, kemudian disusul dengan membaca tasbih 10 kali
  8. Bangkit dari duduk diantara dua sujud dan membaca doa sebagaimana biasa, kemudian membaca tasbih sebanyak 10 kali
  9. Sujud yang kedua kalinya, dan membaca tasbih sebagaimana biasa, kemudian membaca tasbih 10 kali
  10. Duduk iftirosy, kemudian membaca tasbih 10 kali