Kiamat Akan Terjadi Pada 21 Desember 2012 ?

Mereka yang percaya ramalan bahwa kiamat akan terjadi pada 21 Desember 2012, mendasarkan kepercayaan mereka pada kalender yang dibuat oleh suku Maya, yang ditemukan di reruntuhan di Mexico. Masyarakat Maya Kuno, yang dikenal maju ilmu matematika dan astronominya, mengikuti “perhitungan panjang” kalender yang mencapai 5,126 tahun. 

Mereka yang percaya juga mengatakan adanya hubungan lain selain antara kalender Suku Maya dan kehancuran yang akan datang. Geryl, pekerja laboratorium berusia 53 tahun yang hidup di Belgia, keluar dari pekerjaannya dua tahun lalu setelah ia menabung sejumlah uang yang cukup digunakan sampai tahun 2012. 

Tapi apa sih bencana besar di tanggal 21 Desember 2012 itu? Ada yang mengatakan bahwa tanggal tersebut adalah tanggal kebangkitan spiritual seluruh dunia dan ada juga yang mengatakan pada tanggal itu panet nibiru terlihat sebagai bintang merah yang terang dan akan terlihat sebagai matahari ke-2 yang ukurannya sekitar bulan. gempa bumi dan iklim dan cuaca yang sangat buruk akan menimpa.

“Ramalan-ramalan itu benar-benar tidak ada dasarnya sama sekali, apalagi di kebudayaan Maya yang kita kenal,” kata Stephen Houston, profesor antropologi di Brown University, yang adalah juga ahli tulisan hieroglif Maya. “Orang lebih cenderung percaya dengan kebijaksanaan kuno yang meramalkan kejadian di masa ini.”

Sejumlah infotainment di Indonesia pun dengan semangat bercerita tentang kiamat yang akan terjadi pada tahn 2012, mulai dari badai matahari sampai keberadaan planet Nibiru yang bakal menghantam dunia pada 2012. Menurut NASA, kalendar Maya memang sangat panjang dan berakhir pada 2012. Tapi kalendar itu tidak berbeda dengan kalendar Masehi yang berakhir 31 Desember dan mulai lagi pada 1 Januari. NASA juga menambahkan soal teori planet bernama Nibiru, Planet X, atau Eris yang akan mendekati bumi dan menciptakan bencana. Dalam situs resminya, NASA mengatakan, "Niburu dan cerita tentang planet yang mendekat itu bualan Internet." Nasa mengatakan tidak ada dasar fakta yang menjadikan cerita itu dipercaya. Ia tidak mendekati bumi.

Tentang badai matahari, berikutnya bakal terjadi pada sekitar 2012-2014 dan itu badai matahari biasa. "Tidak berbeda dengan badai yang sebelumnya ada" ungkap NASA.