Pengertian Komputer All In One (AIO PC) Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

PC AiO
Body komputer yang umum disebut PC itu besar, susah dibawa-bawa, dan membutuhkan tempat lega. Namun, soal performa terbukti lebih baik dibanding laptop. Ya, meskipun sebenarnya laptop juga memiliki kelebihan lain yang tidak bisa dipunyai desktop.  Produsen komputer saat ini telah menciptakan versi komputer yang bentuk dan komponennya pertengahan antar komputer desktop dan laptop. Namanya komputer All in One (AiO PC). Sebenarnya kemunculan komputer All in One sudah lama. Namun, karena ketenarannya sampai sekarang tidak mengalahkan notebook.


Pengertian Komputer All in One (Komputer AiO)

Pada umumnya komputer desktop terdiri dari tiga bagian. Yaitu layar monitor, input device (keyboard dan mouse), dan mesin utama desktop (CPU, RAM, motherboard, VGA, dan sebagainya). Bagian-bagian itu saling terpisah. Agar bisa digunakan sebagaimana fungsinya harus dihubungkan dengan kabel (keyboard dan mouse sekarang sudah banyak yang wireless).

Itu PC. Sedangkan komputer All in One didesain lebih ringkas. Komponen utama diletakkan dan dijadikan satu dalam casing monitor. Tepatnya berada di belakang layar. Dengan dibuat seperti itu menjadikan All in One PC lebih portabel, lebih kecil, dan praktis tanpa mengurangi performa sebagai komputer kerja.

Layar yang digunakan komputer All in One biasanya flat, bukan cembung seperti zaman dulu. Beberapa produk keluaran terbaru bahkan tipis meskipun spesifikasi tinggi dan mesin dibenamkan di belakang layar itu. Fiturnya juga makin bertambah, seperti misalnya bisa dioperasikan touchscreen sehingga tidak harus menggunakan keyboard dan mouse.


Kelebihan dan Kekurangan Komputer All in One (PC AiO)

Jika ketiganya dibandingkan dengan spesifikasi setara, performa All in One bisa di atas laptop. Hal ini dikarenakan AiO PC lebih menyerupai komputer desktop dan memang ditujukan untuk keperluan rumah, kantor, dan tempat kerja sehari-hari dengan aktivitas berat. Dan dibandingkan dengan komputer konvensional, baik PC maupun All in One memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan komputer All in One
  • Hemat ruang karena beberapa komponen disatukan dan didesain sedemikian rupa agar lebih kecil.
  • Ringan dan mudah dipindah. Hal ini disebabkan selain komponen hardware diperkecil, juga karena menyatu sehingga tidak ribet kabel.
  • Banyak pilihan dan gampang digunakan. Dengan adanya fitur touchscreen menjadikan AiO PC lebih nyaman digunakan.
  • Kinerja tidak jauh beda dengan desktop. Sehingga cocok digunakan untuk kerja sehari-hari.

Kekurangan komputer All in One
  • Sulit upgrade. Komputer biasa bisa di-upgrade per komponen guna mendapatkan performa lebih baik. Namun AiO PC tidak bisa dikarenakan komponennya menyatu. Sekalipun bisa, biasanya hanya memory dan hard disk saja. Sedangkan motherboard dan processor tidak.
  • Cepat panas untuk penggunaan berat seperti main game. Hal ini dipengaruhi casing All in One PC juga: diperkecil sedemikian rupa sehingga dalamnya tidak terlalu lega.
  • Mahal. Dibanding desktop, harga All in One (AiO) jauh lebih mahal meskipun spesifikasinya sebanding.