Cara Cepat dan Mudah Nge-Print dari Handphone

printersharepremium-gratisDalam keadaan terdesak atau saat kondisi terburu-buru kegiatan mencetak/print melalui PC atau laptop bisa jadi cukup merepotkan dan memakan waktu. Kini ada cara mudah yang bisa digunakan sebagai alternatif, yaitu mencetak dari handphone (Smartphone android atau iPhone).

Sebelumnya kebanyakan mengandalkan fitur Cloud Print sebagai cara cepat print,namun saat ini ada aplikasi lain yang bisa digunakan. Salah satunya adalah aplikasi PrinterShare Premium.

Langkah pertama, unduh aplikasi android. 
- Printershare Premium (playstore)
- Printershare Premium (APK - gratis)

Untuk koneksi smartphone ke printer ada beberapa pilihan. Mulai dari menggunakan kabel USB, Bluetooth, atau koneksi Wifi. Bila printer yang gunakan belum di sharing maka bisa menggunakan kabel USB, cukup menghubungkan Handphone Android ke printer menggunakan kabel USB.
  • Jika aplikasi PrinterShare sudah di instal pada hp andorid, kemudian hidupkan fitur wifi pada hp android, lalu sambungkan wifi yang sudah terkoneksi dengan printer, jika sudah, buka aplikasi PrinterShare.
  • Saat aplikasi PrinterShare sudah terbuka, selanjutnya pilih Printer Select pada pojok kanan bawah aplikasi PrinterShare. Kemudian akan muncul menu Select Printer, pilih Nearby WiFi, tunggu proses scaning printernya, lalu plih printer yang akan kita gunakan.
  • Selanjutnya akan muncul notifikasi User Action Required, nah pilih saja Use Generic, kemudian pilih Yes untuk mendownload Driver. Tunggu hingga ada notif Congratulations! Your printer is configured ready. Kemudian pilih Skip.
  • Kembali ke menu utama pada aplikasi PrinterShare-nya. Pilih Documents, lalu pilih Memori Perangkat atau Kartu SD (ini tergantung dimana menyimpan file yang ingin print). Lalu pilih file dokumen yang ingin print.
  • Setelah memilih file dokumen, akan diarahkan pada notifikasi dimana diharuskan mendownload preview dari file yang ingin print tadi, disini pilih saja Yes, dan tunggu hingga proses download file preview-nya selesai.
  • Selanjutnya  akan diarahkan ke halaman berikutnya berupa halaman Print Preview yang menampilkan tampilan sebelum cetak. bisa klik option untuk mengatur ukuran kertas dan pilihan lain. Ikuti saja option atau setingan
  • Bila semua dirasa sudah cocok sesuai keinginan, bisa langsung memilih menu Print. Lalu pilih berapa lembar yang ingin cetak. Proses mencetak dimulai, dan tinggal menunggu sampai prosesnya selesai.
Cara yang sangat simpel dan mudah kan? Cara Ngeprint Langsung Dari HP Android Dengan Koneksi WiFi ini mendukung kebutuhan mencetak dari berbagai merk printer yang sudah mendukung sharing via koneksi LAN atau WiFi, seperti merk printer Epson, Canon, Brother, Samsung dan lainnya.