Cara Membuat Sitemap Untuk Blog

Sitemap dapat diartikan sebagai sebuah halaman yang berisi peta (map) dari sebuah situs web. Sitemap berisi informasi tentang halaman apa saja yang ada disebuah blog, file-file apa saja yang ada di sebuah blog.

Sitemap merupakan peta blog yang menampilkan struktur isi blog. Sitemap berfungsi untuk mempermudah robot (crawl) search engine memetakan blog. Dengan demikian, isi blog kita dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam database search engine. Artinya, sitemap memudahkan blog kita ditemukan, di-index, dan di-ranking oleh search engine seperti Google, Yahoo, Bing.

Cara Membuat Sitemap :

  • Buka halaman website Digital Inspiration : http://digitalinspiration.com/tools/blogger/sitemap/index.php
  • Masukkan alamat blog yang akan dibuat sitemap-nya. Klik tombol Create Blogger Sitemap

    -Sitemap Generator

  • Di bagian bawah For Google, akan muncul deretan kode. Salin kode tersebut. Jika diperhatikan. Digital Inspiration hanya menambahkan akhiran, sitemap yang di-generate sebenarnya merupakan RSS feed.


atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Kode Sitemap

  • Setelah sitemap dibuat, kita dapat mendaftarkanya (submit) ke dalam search engine. Caranya, kunjungi website berikut :



Google Sitemap http://www.google.com/webmasters

Yahoo Sitemap https://siteexplorer.search.yahoo.com/

Bing Sitemap http://www.bing.com/toolbox/webmasters/
  • Khusus untuk search engine Yahoo dan Bing, kita dapat memasukkannya dengan lebih mudah. Caranya, klik pada link Submit 1 - 500 posts. Perhatikan untuk tidak men-submit blog berulang-ulang. Cukup sekali saja dan tunggu hasilnya dalam beberapa hari. Jika terlalu berlebihan dalam melakukan submit, maka kbisa saja kita dianggap melakukan spam dan akibatnya blog kita akan di-banned.

Sumber : Buku Pintar Blogspot