Cara Sederhana Merawat Baterai Smartphone Agar Tahan Lama

Pada umumnya smartphone didesain dengan ukuran layar yang besar lebih dari 4 inchi, tentunya dengan kondisi ini diperlukan daya baterai yang juga besar. Selain itu fitur-fitur yang super lengkap pada smartphone memaksa baterai terus bekerja/tersedot tanpa henti, akibatnya smartphone menjadi panas, baterai cepat low dan tentunya permukaan baterai menjadi cembung.

Berikut cara sederhana yag biasa saya lakukan agar baterai menjadi awet dan tahan lama :

  1. Atur pencahayaan (brightness) pada layar smartphone, gunakan pencahayaan terendah agar mata kita juga menjadi nyaman ketika berlama-lama menggunakannya.
  2. Gunakan aplikasi Battery saver/booster, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di google play maupun di blacberry world. Aplikasi ini amat berguna untuk memanage kelistrikan baterai seperti akan memberi peringatan ketika baterai sudah penuh saat dicharge, menolak charge ketika dalam kondisi baterai panas, mengoptimalkan kinerja aplikasi lain dan masih banyak fitur lainnya.
  3. Jangan membiarkan baterai dalam kondisi low bat. Sebaiknya segera charge baterai sebelum mencapai dibawah 20%. Itulah mengapa smarphone Anda akan selalu memberi peringatan jika baterai sudah di bawah 20%. Jika perlu selalu bawa power bank jika sedang melakukan perjalanan jauh.
  4. Jangan Gunakan Animated Wallpaper atau screen saver yang bergerak, ini akan menguras tenaga baterai Anda ketika baterai dalam keadaan stand by. Jadi hindari menggunakan wallpaper atau screen saver yang bergerak.
  5. Tutup Apps yang sudah tidak Dipakai Pada saat kita menggunakan smartphone, biasanya ketika Anda bermain game, Anda juga chat menggunakan whatsapp atau bbm. Jadi selalu lihat aplikasi yang masih terbuka, dan tutup yang sudah tidak digunakan.
  6. Jangan Gunakan Ketika Chargin atau dalam proses pengecasan, sebaiknya Anda tidak menggunakan smartphone Android Anda untuk menjalankan aplikasi terutama memainkan game berkapasitas besar. Pengalaman saya, baterai menjadi akan cepat panas dan segera rusak.
  7. Gunakan Media Penghubung seperlunyaJika sudah tidak digunakan, segera matikan media pengubung jaringan seperti bluetooth, GPS dan wifi karena akan sangat menguras sources baterai Anda.