Hewan-hewan Langka Asli Indonesia Yang Terancam Punah

dicerorhinus sumatrensis Badak Sumatra (Dicerorhinus Sumatrensis)

Badak Sumatera adalah spesies badak terkecil di dunia, memiliki dua cula kecil dan tubuh yang berambut. Saat ini populasinya sekitar 200 ekor, tersebar di pulau Sumatera dan Kalimantan. Ancaman terbesar bagi Badak Sumatera adalah hilangnya habitat, perburuan liar dan keragaman genetik yang terus menurun.







varanus komodoensis Komodo (Varanus Komodoensis)

Komodo, atau biawak komodo (Varanus Komodoensis), adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di Pulau Komodo,Rinca, Flores, Gii Motang dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Komodo ini oleh penduduk setempat disebut dengan Ora







panthera tigris sumatrae Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae)

Harimau Sumatra, dikategorikan sangat kritis. Terancam punah (Critically Endangered) dalam daftar lembaga konservasi IUCN dan termasuk kedalam CITES Appendix I yang artinya dilarang dalam perdagangan internasional komersial.









pongo pygmaeus Orangutan Kalimantan (Pongo Pygmaeus)

Di Indonesia terdapat dua jenis orangutan yaitu Orangutan Kalimantan (Pongo Pygmaeus) dan Orangutan Sumatra (Pongo Abelii). Menurut Daftar Merah IUCN, Orangutan Kalimantan diklasifikasikan terancam punah dan kritis terancam punah untuk spesies Sumatra. Orangutan memiliki tingkat reproduksi yang rendah, dan periode yang lama antar kehamilan. Induk betina sangat protektif pada anaknya.




probosciger aterrimus Burung Kakak Tua Raja (Probosciger aterrimus)

Burung Kakak Tua Raja tersebar dihutan-hutan Papua New Guinea dan sangat terancam karena perburuannya. Nilai jual burung ini dipasaran ilegal sangat tinggi. Burung Kakak Tua Raja termasuk ke dalam spesies burung yang langka dan dilindungi.










elephas maximus sumatrensis Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatrensis)

Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatrensis), dulu tersebar di seluruh Sumatra. Kini populasinya terfragmentasi menjadi koloni-koloni kecil. Dalam 25 tahun terakhir, gajag Sumatra telah kehilangan 70% habitat mereka. Habitat terakhir mereka salah satunya adalah di Taman Nasional Tesso Nilo, Provinsi Riau.