Sejarah Berdiri Group Band SLANK - Biodata Personil dan Kumpulan Album Lengkap SLANK

Slank - adalah nama salah satu grup musik papan atas Indonesia yang bermula dari Desember 1983 dengan pendirian Cikini Stones Complex (CSC), grup musik yang terdiri dari anak-anak SMA Perguruan Cikini, Jakarta. Di sinilah Bimo Setiawan (drum), Boy (gitar), Kiki (gitar), Abi (bass), Uti (vokal) dan Well Welly (vokal) mengekspresikan kesukaan mereka terhadap karya-karya Rolling Stones. Sayangnya grup ini tidak bisa bertahan dan membubarkan diri. Selanjutnya berturut-turut terjadi perombakan personil sampai akhirnya terbentuk formasi ke-14 pada tahun 1996 yang bertahan sampai sekarang. Formasi akhir ini, yang dimulai dari album ke-7 Slank, terdiri dari Bimbim (drum), Kaka (vokal), Ivanka (bass), Ridho (gitar) dan Abdee (gitar). Slank memiliki kelompok penggemar yang fanatik, yang dikenal sebagai Slankers.

Slank Old Formation : Bongky, Kaka, Bimbim, Pay, Indra Q

Slank berdiri desember 1983. dengan nama awal cikini stone complex, dengan beranggotakan, Bimo Setiawan (drum), Boy (gitar), Kiki (gitar), Abi (bas), Uti (vokal), Wel Welly (vokal).Mereka sering membawakan musik2 dari Rolling Stone, idola mereka. Di tengah jalan beberapa dari mereka keluar. karena keuletan Bimbim, panggilan Bimo Setiawan membentuk band lagi dan merubah nama menjadi Red Evil. dengan formasi Bim2(drum), Bongky (gitar), Kiki (gitar), Denny (bas), Erwan (vokal). dan mereka sudah mulai berani memainkan lagu2 mereka sendiri.

Penampilan mereka diatas panggung yang cenderung seadanya dan slenge’an. sehingga para penonton sering menyebut mereka band slenge’an. mulai saat itu nama band mereka berubah menjadi Slank. Pergantian personil menjadi kebiasaan dalam band ini. sudah kali band ini ganti personil, dengan personel Bim2(Drum), Kaka(Vokal), Bongky(Bas), Indra(Keyboard), Pay(Gitar).

Berkali-kali mengirim demo ke berbagai label, berkali2pula rekaman mereka ditolak. lalu mereka bertemu dengan seorang produser Budi Susatio. setelah mendengarkan musik mereka, Budi yakin bahwa musik mereka akan banyak disukai. karena musik mereka beda dari musik mainstream pada masa itu. Slank menggabungkan antara POP, ROCK N ROLL, BLUES, DAN ETNIK. yang menjadi warna musik Slank.

Keyakinan Budhi terbukti. album pertama SUIT…SUIT..HE.HE… meledak di pasaran dengan hits maafkan dan memang. dengan album pertama itu pula slank mendapat penghargaan pertamanya di BASF award sebagai pendatang baru terbaik. sejak saat iu slank mulai dikenal masyarakat seluruh Indonesia, dan terus berkarya. karya mereka antara lain: KAMPUNGAN,PISS,GENERASI BIRU, MINORITAS.Setelah penggarapan album minoritas slank kehilangan 3 anggota sekaligus Bongki,Indra,Pay (yang sekarang sukses dengn BIP-nya). akhirnya ka2 dan bim2 berjuang mempertahankan band ini. dengan 2 personel mereka mencoba membuat album baru, LAGI SEDIH. dengan dibantu Ivan (bass) dan Reynold (gitar).


Slank New Formation : Abdee, Bimbim, Kaka, Ridho, Ivanka


Biodata Personil Slank


Bimo Setiawan Almachzumi (lahir di Jakarta, 25 Desember 1966; umur 41 tahun; kerap disapa dengan panggilan Bim-Bim) adalah pemusik serta pendiri dari grup musik Indonesia, Slank. Di grup Slank, Bim-bim memainkan instrumen drum.

Bersama Boy (gitar), Kiki (gitar), Abi (bass), Uti (vokal) dan Well Welly (vokal), Bimbim mengekspresikan kecintaannya terhadap karya-karya Rolling Stones. Pada Desember 1983 mereka mendirikan Cikini Stones Complex (CSC), grup musik yang terdiri dari anak-anak SMA Perguruan Cikini, Jakarta, yang merupakan cikal bakal Slank.

Dalam perjalanannya, mereka mengalami perombakan personil hingga akhirnya terbentuk formasi ke-14 pada 1996 yang bertahan sampai sekarang. Formasi terakhir, yang dimulai dari album ketujuh Slank, terdiri dari Bimbim (drum), Kaka (vokal), Ivanka (bass), Ridho (gitar) dan Abdee (gitar).

Nama lengkap : Bimo Setiawan Almachzumi
Nama panggilan : Bimbim
Tempat tanggal lahir : Jakarta, 25 December
Agama : Islam
Tinggi/Berat badan : 173 cm / 52 kgs
Hobi : Soccer
Influnce : Van Hallen, Rolling Stones, Queen
Instrumen : Drums / Percussions / Guitar



Akhadi Wira Satriaji atau kerap di sapa Kaka (lahir di Jakarta, 10 Maret 1974; umur 34 tahun) adalah sepupu Bim-bim, pendiri Slank. Di Slank, Kaka mengisi sektor suara.

Bungsu dari empat bersaudara ini mulai mengenal musik sejak SMP. Namun dirinya bergabung dengan Slank baru saat duduk di kelas 1 SMA pada tahun 1989. Ia menempati posisi vokal menggantikan posisi Erwan yang keluar dari Slank. Dunia artis yang penuh kehidupan glamour dan foya-foya sulit untuk dihindari, Kaka pun turut terjebak dalam dunia hitam narkoba. Awal mula mengkonsumsi pil neraka ini adalah mencoba-coba, tetapi kemudian jadi ketagihan. 

Akhirnya sejak tahun 2000, dengan dibantu terapi obat- obatan Cina, Kaka menjauhkan diri dan tidak menyentuh barang haram itu lagi.

Kaka menikah dengan Natasya pada hari Jumat tanggal 13 Desember 2002. Pernikahan ini merupakan pernikahan kedua Kaka. Dari pernikahan pertamanya, Kaka dikaruniai seorang anak Solielluna (lahir 1996) dan dari pernikahan keduanya, Chaska Satriaji (lahir 6 April 2004).

Nama lengkap : Akhadi Wira Satriaji
Nama panggilan : Kaka
Tempat tanggal lahir : Jakarta, 10 March
Agama : Islam
Tinggi/Berat badan : 171 cm / 60 kgs
Hobi : Soccer
Influence : Bob Marley, David Coverdale
Instrumen : Guitars / Vocal Cord




Mohammad Ridwan Hafiedz atau Ridho (lahir 3 September, 1973, Ambon, Indonesia) adalah gitaris, vokal pendukung, dan penulis lagu Indonesia. Ia adalah gitaris Slank dan vokal pendukung dengan gitaris lainnya, Abdee Negara.

Dengan Slank, Ridho telah membuat 9 album studio dan 3 album live, dan satu album kompilasi yang dirilis Mei 2006.
Ridho lahir dan besar dalam keluarga Islam di Ambon. Dia bermain gitar sejak berusia 7 tahun. Karier profesionalnya mulai saat membentuk grup musik LFM di tahun 1991. Setelah menyelesaikan pendidikan formalnya, Ridho pergi ke Hollywood, Amerika Serikat untuk belajar musik di Musician Institute untuk mengasah bakatnya.

Pada tahun 1996, tiga dari lima anggota Slank mengundurkan diri. Alasan pengunduran diri mereka terkait masalah kecanduan narkoba yang dialami oleh sang drumer, Bim-Bim dan vokalis, Kaka. Meski demikian, Slank kemudian menambah 3 anggota baru (Abdee, Iva, dan Ridho), untuk ‘menghidupkan’ kembali Slank.

Nama lengkap : Mohammad Ridwan Hafiedz
Nama panggilan : Ridho
Tempat tanggal lahir : Ambon, 3 September
Agama : Islam
Tinggi/Berat badan : 173 cm / 50 kgs
Hobi : Soccer
Influense : Blues Saraceno, Nick Nolan, Beatles, Jimmy Hendrix
Instrumen : Guitars




Abdee Negara atau populer dengan Abdee Slank, lahir di Donggala, Sulawesi Tengah 28 Juni 1968. Ia adalah seorang gitaris, vokal pendukung, penulis lagu bagi grup musik Slank.

Sementara Slank sendiri adalah grup musik yang selalu eksis menelurkan album-albumnya sejak 1983. Grup ini semula merupakan grup musik yang terdiri dari anak-anak SMA Perguruan Cikini, Jakarta, yang terdiri Bimo Setiawan (drum), Boy (gitar), Kiki (gitar), Abi (bass), Uti (vokal) dan Well Welly (vokal).

Sayang grup ini tidak bisa bertahan dengan formasinya, sehingga berturut-turut terjadi perombakan personil sampai akhirnya terbentuk formasi yang ke-14 pada 1996 dan bertahan sampai sekarang.

Pada formasi terbentuk terdiri, Kaka masuk sebagai vokalis, dengan personel lain terdiri dari Bimbim (drum), Ivanka (bass), Ridho (gitar) dan Abdee (gitar).


Nama lengkap : Abdee negara
Nama panggilan : Abdee
Tempat tanggal lahir : Donggala, 28 June
Agama : Islam
Tinggi/Berat badan : 170 cm / 50 kgs
Hobi : Motor Cross
Influense : Keith Richard, Jimmy Hendrix
Instrumen : Guitars



Ivan Kurniawan Arifin atau yang lebih akrab di panggil Ivan ini merupakan pencabik Bass Slank. Pria kelahiran Jakarta ini mulai bergabung di Slank sejak tahun 1997 menggantikan Bongk.
Bersama Slank Ivan telah menghasilkan 10 album dimulai dari album lagi sedih sampai album terakhir slank slow but sure.

Nama lengkap : Ivan Kurniawan Arifin
Nama panggilan : Ivanka
Tempat tanggal lahir : Jakarta, 9 Desember
Agama : Islam
Tinggi/Berat badan : 170 cm / 55 kgs
Hobi : Musics
Influense : Rolling Stones, Beatles
Instrumen : Bass / Guitars



Daftar Lagu pada Album SLANK


Album : Suit Suit He He (Gadis Sexy)
Released : Desember 1990

  1. Aku Gila
  2. American Style
  3. Apatis Blues
  4. Bocah
  5. Kalah
  6. Karang
  7. Ladies Night di Ebony
  8. Maafkan
  9. Memang
  10. Suit Suit He He (Gadis Sexy)








Album : Kampungan
Released : 1991

  1. Kampungan
  2. Nggak Rock N'Roll
  3. Mawar Merah
  4. Terlalu Manis (suka2)
  5. Nina Bobo
  6. Bali Bagus
  7. Aborsi
  8. Anak Terbuang
  9. Pulau Biru
  10. An - = - ' ~ >..-
  11. Teng-teng Blues
  12. Terlalu Manis (Jualan)







Album : Piss!

Released : 1993


  1. Mau (Beli) Tidur
  2. Piss
  3. Histeris
  4. Kirim Aku Bunga
  5. Begitu Saja
  6. Percuma
  7. Bmw
  8. Firasat
  9. Main Monopoli
  10. Cekal
  11. Korban Tradisi
  12. Anyer, 10 Maret
  13. Tepi Campuhan




Album : Generasi Biru
Released : 1994

  1. Generasi Biru
  2. Serba Salah
  3. Kamu Harus Pulang
  4. Blues Males
  5. Nggak Perawan
  6. .... (Instrumental)
  7. Hey Bung!
  8. Reaksi
  9. Feodalisme
  10. Birokrasi Complex
  11. Pisah Saja Dulu
  12. Terbunuh Sepi






Album : Minoritas
Released : 1996

  1. Bang bang Tut
  2. Tut Wuri Handayani
  3. Jinna ( Dalam Pelarian )
  4. Gemerlap Kota
  5. Bidadari Penyelamat
  6. Suku Benalu
  7. HAMburger
  8. Pak Tani
  9. Entah Jadi Apa
  10. Kalau Kau Ingin Jadi Pacarku







Album : Lagi Sedih
Released : 1997

  1. Tonk Kosong
  2. Mandi Hujan
  3. Foto Dalam Dompetmu
  4. Nggak Perlu
  5. Just Kidding
  6. Prakiraan Cuaca
  7. Anarki Di RI
  8. Kalo Aku Jadi Presiden
  9. Kampus Depok
  10. Koepoe Liarkoe
  11. Josephira
  12. Nenekku Berang
  13. Telanjang
  14. Anak Malam
  15. Bersama Kita Menangis
  16. Lorong Hitam


Album : Tujuh
Released : 1998

  1. Poppies Lane Memory
  2. Balikin
  3. Terserah
  4. Ngedrop
  5. Kosong Sama Kosong
  6. Preman Urban
  7. (Mumpung) Lagi Gampang
  8. Bimbim Jangan Menangis
  9. Kopi Air Hujan
  10. Main Api
  11. PR Si Sum
  12. Ngepas
  13. April
  14. Hujan



Album : Mata Hati Reformasi
Released : 1998

  1. Nagih
  2. Ketinggalan Jaman
  3. Missing Person (Trend Orang Ilang)
  4. Bela Diri
  5. Naik – Naik Kepuncak Gunung
  6. L O V E
  7. Cuma Untukmu (Anuku)
  8. Aktor Intelektual
  9. Naluri Binatang
  10. Gadis Selebriti
  11. Neangan Manuk?
  12. Nggak Mau Percaya
  13. Siapa Yang Salah
  14. Funky Junkie
  15. Fulmoon Blues
  16. Punk Java


Album : 999+09 (Abu-abu)
Released : 1999

  1. Ngangkang
  2. Malam Minggu Lagi
  3. Orkes Sakit Hati
  4. Pacar Dan Sahabatku
  5. Demon Crazy
  6. Desersi
  7. Sista Petty
  8. Maenan Iblis
  9. Harus Mau
  10. Atmosphere Ngeblues
  11. Bisikan Mama
  12. Makin Cinta Saja
  13. Gue Bebas
  14. One Night Stand





Album : 999+09 (Biru)
Released : 1999

  1. Bintang Kesiangan
  2. 1 X 1 = Gak Janji
  3. Gak Welcome
  4. Percuma
  5. Apa Yang Terjadi ?
  6. Sober
  7. Yin Yang
  8. High Phobia
  9. Anak Mami
  10. Senang 2x
  11. Friday
  12. Pelangi
  13. Teddy Bear





Album : Virus
Released : 2001

  1. Intro Indonesia
  2. Utopia
  3. Virus
  4. Alas Roban
  5. Jakarta Pagi Ini
  6. Parah Se – X
  7. Lembah Baliem
  8. Sikon
  9. Funkin Politik
  10. Tuan Kota
  11. Symphaty Blues
  12. Kereta Terakhir
  13. No 1




Album : Satu - satu
Released : 2003

  1. Stop War
  2. Bulan Dan Bintang
  3. Gara-gara Kamu
  4. Karikatur
  5. Pesan Dalam Botol
  6. Jadi Masalah
  7. Tolerir
  8. Jembatan Gantung
  9. Schatzi
  10. Idiot Song
  11. Pulang Kerja







Album : Bajakan
Released : 2003


  1. That's All
  2. Kirim Aku Bunga
  3. Shout Asia
  4. Mawar Merah
  5. Balikin
  6. Gara-gara Kamu
  7. Intro Indonesia
  8. I Miss U But I Hate U
  9. Kalo Aku Jadi Presiden
  10. Piss
  11. Makan Ga Makan Asal Kumpul
  12. Bendera 1/2 Tiang
  13. Sumpah Anti Pembajak




Album : Road To Peace
Released : 2004

  1. GAP
  2. Salah
  3. Mars Slanker
  4. 7 Mantra
  5. Make Love Not War
  6. GAP 2
  7. Salah Rehab
  8. A.B.U
  9. Respect
  10. P3K







Album : Plur
Released : 2005

  1. Jkt Meledak Lagi
  2. Plur
  3. Ku Tak Bisa
  4. Biru
  5. Gossip Jalanan
  6. Juwita Malam (blues)
  7. Indonesiakan Una
  8. Atjeh (investigation)
  9. Samber Gledek
  10. Lo Harus Grak
  11. Pasti
  12. Atas Nama Blues
  13. Juwita Malam (punk)


Album : Slankissme
Released : 2006

  1. Kritis Bbm
  2. Sosial Betawi Yoi (SBY)
  3. Solidaritas
  4. Gak Ada 2 Nya
  5. Sederhana
  6. Freedom
  7. Alami
  8. Manusiawi
  9. Alternative
  10. Friendship
  11. Di Rumahku
  12. Yang Manis
  13. Slankissme


Album :  Slow But Sure
Released : 2007


  1. Slalu Begitu
  2. Cinta?
  3. Sejak Kau Benci
  4. Slow But Sure
  5. Sin City
  6. Alon-alon Asal Kelakon
  7. Break
  8. Intros
  9. Me And Reny
  10. My Scooter Love
  11. Lapindo





Album : Get Merried
Released : 2007


  1. Pandangan Pertama
  2. Kuil Cinta
  3. Orkes Sakit Hati
  4. Loe Harus Grak
  5. Atmosphere Ngeblues
  6. Sosial Betawi Yoi (SBY)
  7. Atas Nama Blues
  8. Friendship
  9. Pacar And Sahabatku
  10. Kamu Harus Pulang







Album : The Big Hip
Released : 2008

  1. Rock N Roll
  2. Sora
  3. Rebut
  4. Seperti Para Koruptor
  5. Yumede Areba Ii
  6. Sexy Cat
  7. Utaga Utaidatsu
  8. Yuwaku
  9. Seen Things
  10. Hard For You
  11. Arigato Thank You
  12. Kilav



Album : Anthem For The Broken Hearted
Released : 2008


  1. Devil In U
  2. Caricature
  3. I Miss U But I Hate U
  4. Do Something
  5. Drug Me Up
  6. Love Cursed
  7. Since You've Been Gone
  8. Wake Up Tonight
  9. Virus
  10. Too Sweet To Forget







Album : Generasi Biru
Released : 2009
  1. Slank Dance
  2. Monogami
  3. Generasi Biroe
  4. Bang-bang Tut
  5. Gossip Jalanan
  6. Terbunuh Sepi
  7. Lo Harus Grak
  8. Missing Person
  9. Utopia
  10. Bendera 1/2 Tiang
  11. Indonesiakan Una
  12. Mars Slankers
  13. Cekal (Remake '09)
  14. Koepoe Liarkoe