Inilah 8 Jenis Miras Oplosan yang Sangat Populer di Indonesia


Minuman Keras (Miras) Oplosan menjadi minuman favorit bagi peminumnya karena kandungan yang dicampurkan oleh bahan-bahan lain dengan tujuan menambah khasiat dan rasa bahkan terkadang sebagai adu jago para peminum bahwa dia lah yang terkuat dan tahan.

Miras oplosan menjadi tantangan yang menarik bagi para penyukannya tetapi dibalik kenikmatannya, miras oplosan memiliki efek yang sangat mengerikan, mulai dari kerusakan organ tubuh hingga kematian. Sesuai namanya, Oplosan pada dasarnya adalah minuman keras yang kemudian dicampur dengan bahan-bahan lain, ada sejumlah bahan kimia berbahaya yang sering dijadikan sebagai campuran bagi miras oplosan. Salah satuya adalah methanol yang biasa digunakan sebagai bahan bakar dan industri kosmetik. Benda cair itulah yang masuk ke dalam tubuh lewat miras yang telah di oplos sebelumnya. 


Berikut beberapa jenis miras oplosan yang biasa jumpai dan populer di Indonesia :

1. Miras Oplosan - Alkohol + Campuran Obat-obatan, 
Jenis minuman ini dapat mengakibatkan kerusakan liver jika diminum dalam skala besar. Untuk zat seperti aspirin, dapat meningkatkan resiko terjadinya pendarahan lambung. Untuk campuran alkohol dan obat batuk, dapat menyebabkan kerusakaan fungsi hati dan dan ginjal yang bisa menyebabkan kematian.

2. Miras Oplosan - Alkohol + Minuman Berenergi,
Oplosan satu ini cukup populer di kalangan penikmatnya. Konon, rasanya enak dan benar-benar berkhasiat mendongkrak energi. Cara buatnya pun sama sekali tidak susah. Cukup dengan miras dicampur dengan minuman berenergi jenis apa pun. Minuman ini sangatlah berbahaya. Dokter mengatakan miras jenis ini bisa menyebabkan kematian. Alasannya karena miras yang terbuat dari alkohol bertentangan sifat dengan minuman energi. Miras sifatnya menenangkan dan minuman energi bersifat stimulan. Menurut para ahli, reaksi gabungan semacam ini bisa bikin gagal jantung.

3. Miras Oplosan - Alkohol + Aseton (Pelarut cat kuku)
Campuran aseton yang telah dioplos pada miras yang mengandung alkohol, akan membuat peminumnya keracunan seketika. Gejala yang dialami biasanya ditandai dengan sakit kepala, muncul rasa manis pada mulut, berkurangnya koordinasi pada tubuh, kejang-kejang dan iritasi saluran nafas. Fase keracunan aseton dalam jumlah besar ini disebut sebagai ketoasidosis, di mana tubuh rentan terserang diabetes yang dapat memicu kematian.

4. Miras Oplosan - Alkohol + Susu
Susu adalah salah satu minuman yang sangat menyehatkan. Namun, manfaat itu akan hilang tak berbekas jika ia dikombinasikan dengan minuman lain yang bukan jodohnya. Misalnya, minuman beralkohol, dan jika diminum bersama, minuman ini bisa menyebabkan keracunan yang berujung kematian. Minuman oplosan satu ini sangat populer. Terutama di desa-desa. Bahkan ada istilahnya sendiri untuk menyebutkan minuman campuran satu ini yakni Susu Macan.

5. Miras Oplosan - Alkohol + Kapur Ajaib (Kapur Semut)
Campuran miras dengan  kapur semut, kerap digunakan untuk menikmati miras tersebut. Efek yang dihasilkan pun sungguh mengejutkan. Pada kapur semut, ada zat kimia yang bernama Deltamethrin dan Transfotrin dalam tiap batanghnya. Kandungan itu berbahaya bagi kulit manusia dan sanggup membunuh hewan seperti kecoa dan semut jika terpapar. Saat tertelan oleh manusia, Senyawa yang ada pada benda-benda tersebut dapat mengakibatkan pusing yang disusul dengan hilangnya kesadaran serta gangguan pada perut. Terutama ginjal dan hati.

6. Miras Oplosan - Alkohol + Minuman Bersoda (Coca cola)
Oplosan satu ini juga cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Mansion Cola pada dasarnya adalah campuran antara miras dan juga minuman bersoda. Tujuan mencampur soda sendiri adalah untuk menghilangkan rasa pahit mirasnya, serta memberikan sensasi yang berbeda. Minuman ini tentu gampang dibuat, tapi ia juga tak kalah berbahaya. Kedua minuman ini jika dicampur konon bisa menyebabkan mual-mual sampai keracunan. Apalagi kalau kadar alkoholnya cukup tinggi. Bisa memberikan bahaya yang lebih besar lagi. Memang menurut penikmatnya, tidak ada orang mati karena meminum Mansion Cola, tapi bukan berarti minuman ini tak bahaya.

7. Miras Oplosan = Alkohol + Methanol dan Etanol
Zat metanol yang biasa ditemui pada bensin, spiritus, toner mesin cetak dan pembasmi serangga, tentu dapat membahayakan bagi tubuh jika sampai ditelan bersama dengan alkohol. Gejala yang ditimbulkan adalah sesak nafas, kerusakan pada jaringan kulit dan diikuti gangguan pada sel syaraf. Untuk etanol yang terkandung dalam beras, gandum dan buah-buahan, juga menjadi zat yang berbahaya jika bercampur dengan alkohol yang di oplos secara bersamaan. Penderita akan merasakan gejala seperti kehilangan kesadaran, rasa mual pada perut dan gangguan hati serta ginjal.

8. Miras Oplosan = Alkohol + Jamur Kotoran Sapi
Hanya masyarakat Indonesia saja yang rela mengoplos alkohol dengan jamur yang tumbuh dari kotoran sapi. Tak hanya itu, benda berbahaya tersebut bahkan harus digoreng terlebih dahulu agar mempunyai efek nendang yang kuat. Jamur yang mempunyai senyawa bernama psilocybin, dapat mempengaruhi fungsi gerak motorik tubuh dan otak. Selain itu, adanya kandungan LSD yang menghasilkan perubahan reflek serta perilaku, juga bisa mempengaruhi pemcernaan aliran darah. Penderita pun akan mengalami tremor, mual dan sulit tidur.

Dari ke-8 jenis minuman diatas, sangat jelas tidak ada satu pun yang memiliki manfaat bagi tubuh kita, bahkan sudah banyak korban berjatuhan sampai harus merenggang nyawa akibat mengkonsumsi miras oplosan.