Pantai Pelabuhan Ratu - Pesona Alam Berpadu Pesona Mistis

Pelabuhan Ratu
Pelabuhan Ratu - Pantai Pelabuhan Ratu merupakan salah satu obyek wisata kebanggaan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pelabuhan Ratu cukup terkenal karena panorama alamnya yang indah, udaranya yang sejuk dan hamparan pasir pantainya yang luas. Keindahan panorama alam perairan pinggiran Laut Selatan itu berpadu dengan cerita mistis tentang seorang ratu penguasan laut selatan.

Pantai Pelabuhan Ratu juga terkenal dengan gelombang air laut (ombak) yang tinggi dan stabil sehingga menjadi tempat tujuan bagi para pecinta surfing dibulan Mei hingga Oktober ketika kondisi ombak sedang tinggi. Beberapa tempat surfing yang biasa sering didatangi wisatawan seperti Batu Guram, Karang Sari, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ujung Genteng dan Tujuh Ombak.

Diatas batu karang yang menjorok ke pantai kita bisa melihat deburan ombak yang menabrak karang dengan suara yang bergemuruh serta aktifitas para nelayan setempat yang sedang mencari ikan dikejauhan pantai. Jika kita beruntung kita dapat menemui tradisi-tradisi masyarakat setempat yang biasa dilakukan dipinggir pantai seperti acara pesta laut dengan melarungkan kepala kerbau dan sesaji lainnya ke tengah laut yang biasa di selenggarakan setiap tanggal 5 April. Acara tahunan lainnya yaitu rutial mandi suci yang biasa disebut masyarakat setempat Ngabungbang.


Kamar_308
Dibalik keindahan Pantai Pelabuhan Ratu yang mempesona kita secara kasat mata juga disuguhkan dengan aura mistis yang cukup kental, sebut saja Hotel Inna Samudera Beach yang pernah menjadi tempat penginapan favorit Presiden RI Soekarno. Banyak mitos yang berkembang dilingkungan setempat bahkan di Jawa Barat kalau di hotel tersebut Nyi Roro Kidul pernah singgah yang tepatnya dikamar No. 308. Kamar tersebut sering dijadikan tempat bersemedi mencari ketenangan batin dan keberkahan hidup.

Pengunjung/wisatawan hotel boleh melihat-lihat suasana kamar tersebut yang menggambarkan kemegahan istana penguasa pantai selatan dengan dominasi warna hijau dimana merupakan warna kesukaan dari Nyi Ratu Roro Kidul.

Telepas dari semua itu Pantai Pelabuhan Ratu juga merupakan surganya penyu, Pantai Pelabuhan Ratu terkenal sebagai tempat bertelur dan berbiaknya penyu. Kita tentu berharap semoga keseimbangan alam yang terdapat di Pelabuhan Ratu terus tetap terjaga baik itu pesona alamnya dan ekosistem kehidupan sekitarnya.