Melihat Lebih Detail Jeroan iPhone 5

Apple fanboy dan penggila gadget di seluruh dunia akhirnya terpuaskan dengan kembali hadirnya iphone versi terbaru pada 12 September 2012 lalu Apple telah resmi merelease iPhone 5, dan pada tanggal 21 September penjualan resmi iPhone 5 di beberapa negara (Indonesia belum termasuk).

iPhone 5 beserta sistem operasi terbaru dari Apple, iOS 6, mengusung kelebihan-kelebihan dibanding produk sebelumya. Selain apa yang ada di iPhone 4s, iPhone 5 mengunakan teknologi 4G LTE yang lebih cepat, desain yang cantik dengan screen yang lebih besar, namun lebih tipis.

Kehebatan Apple kali ini adalah bagaimana mereka membenamkan fitur fitur canggih, kamera 8Mb,processor yang lebih cepat, baterai yang lebih tahan lama ke dalam sebuah gadget dengan ketebalan hanya 7,6 mm. Kita tentu penasaran dengan apa yang ada di dalam iPhone 5.


Layar 4 inchi iPhone 5 : mempunyai retina display yang lebih panjang daripada iPhone sebelumnya, namun tetap dalam lebar yang sama. Terlihat pada bagian dalamnya komponen-komponen tertata kompak dan bagian terbesar dihabiskan oleh baterai 1440mAh yang di klaim Apple lebih tahan lama daripada iPhone 4s. Layar iPhone 5 juga terbuka dari depan-ke-belakang, jadi “mengganti layar yang retak menjadi lebih mudah.. dibandingkan dengan iPhone 4S, di mana butuh 38 langkah untuk memisahkan rakitan layarnya.”




Processor iPhone 5 : processor terbaru Apple A6 dari apple ditanam di iPhone 5 yang menggunakan yang menggunakan ARMv7 instruction set. Komponen ini memiliki desain yang unik dari Apple. Pengujian benchmark oleh beberapa situs menunjukkan chip ini dua kali lebih hebat performanya daripada A5. Memori yang digunakan adalah 1GB DDR2 SDRAM, yang tidak lagi diprovide oleh samsung, melainkan oleh Elpida. 1GB Elpida LP DDR2 SDRAMUntuk komponen LTE nya sendiri, iPhone 5 menggunakan chip dari Qualcomm dengan kode MDM9615M.




Kamera iPhone 5 : memiliki kamera 8MP sama seperti iPhone 4s, namun dengan dukungan processor yang lebih cepat dan post processing image yang lebih kuat, iPhone 5 diklaim mampu memberikan hasil photo 8MP yang lebih bagus dan maksimal meskipun pada low light photography. Dan dilindungi menggunakan kaca kristal saphire yang merupakan material yang sangat kuat
dan tahan goresan.



Beberapa perubahan lain dari iPhone 5 di banding pendahulunya diantaranya 

Desain baru tombol home: tombol home yang baru memiliki penyangga metal yang terintegrasi, sehingga lebih kuat dan tidak gampang copot.

Baterai dengan Kapasitas yang lebih besar: baterai iPhone 5 memiliki daya voltasi yang lebih tinggi dan kapasitas yang lebih besar dibanding iPhone 4S. Perbandingannya adalah sebagai berikut: baterai iPhone 5: 3,8V – 5,45Wh; baterai iPhone 4S: 3,7V – 5,3 Wh; baterai Samsung galaxy SIII: 3,8V – 7,98Wh.

Flash memory Storage: Hynix menyuplai media penyimpanan atau storage 16GB NAND Flash, mungkin ini adalah tanda lain dari menyusutnya status Samsung sebagai pemasok komponen untuk Apple.

DRAM: Elpida LP DDR2 SDRAM 1GB. Elpida merupakan pembuat chip memori dari Jepang yang telah bangkrut, dan hendak diakuisisi Micron Technology yang berbasis di AS

Sensor: STMicroelectronics L3g4200D (AGD5/2235/G8SBI) sama seperti iPhone 4S dan iPad 2.


Apple membuat iPhone 5 dengan kualitas yang tingi baik dari segi hardware maupun softwarenya. Untuk menghadirkan User Experience yang kuat bagi para konsumennya.


Sumber Pustaka :
iFixit.com