Jembatan Terpanjang di Dunia Terbaru

Jembatan Jiaozhou Bay di China telah memecahkan rekor sebagai jembatan terpanjang di dunia yang sebelumnya adalah Jembatan Lake Pontchartrain Causeway di Louisiana, Amerika Serikat. Menurut catatan Guinness World Records, jembatan yang baru diresmikan di China ini 4 kilometer lebih panjang.

Berikut adalah daftar perubahan jembatan terpanjang di dunia :



1. Jembatan Jiaozhou Bay, China  |  Panjang : 42.000 m 

China telah membuka jembatan terpanjang di dunia yang melintasi laut. memiliki panjang 42 kilometer. Ia menghubungkan kota pelabuhan Qingdao yang ada di kawasan timur negeri itu dengan pulau Huangdao. Menurut China Central Television, stasiun televisi pemerintah China, jembatan dengan lebar 35 meter itu merupakan jembatan terpanjang. Saat dibangun, proyek memakan biaya hingga di atas US$1,5 miliar atau sekitar Rp12,8 triliun. Jembatan itu berhasil lolos penilaian konstruksi pada Senin, 27 Juni lalu. Jembatan dan juga terowongan bawah tanah segera dibuka untuk lalu-lintas kendaraan, sehari setelahnya. Untuk dapat berdiri, Jiaozhou Bay ditopang oleh lebih dari 5.000 pilar. Adapun pengerjaan jembatan tersebut baru dapat dituntaskan setelah 4 tahun pembangunan.




2. Jembatan Lake Pontchartrain, Amerika  |  Panjang : 38.420 m

Jembatan panjang dan terdiri dari dua jalur, yang dibangun diatas danau Pontchartrain, Lousiana, Amerika Serikat, mempunyai panjang 38,4 Km, menghubungkan dua buah kota besar di Amerika. Bagian Selatan Jembatan ini terhubung dengan kota Metairie, sedangkan bagian utaranya terhubung dengan kota Mandeville. Jembatan ini mulai dibangun sejak tahun 1948 dimana teknologi pembuatan bangunan beton belum sebaik saat ini. 

Berawal dari ide Bernard de Marigny, yang dikenal sebagai bapak pendiri kota Mandeville. Ia menginginkan adanya sebuah jembatan yang dapat mempermudah transportasi dari Mandeville ke New Orleans. Sebelum adanya jembatan Lake Pontchartrain, baik orang maupun pengiriman barang, dilakukan dengan menggunakan kapal ferry. Dengan biaya sebesar 30,7 juta dollar, jembatan Lake Pontchartrain Causeway, selesai dan diresmikan pada tahun 1956, dan diberlakukan sebagai jalan tol. Penambahan panjang maupun pelebaran dilakukan beberapa kali hingga saat ini.



3. Jembatan Donghai, Sanghai China  |  Panjang : 32.500 M

Jembatan lintas laut yang terbentang sampai Hangzhou Bay Bridge.  Selesai pada 10 Desember 2005 dan baru dibuka pada tanggal 1 Mei 2008. Jembatan ini memiliki panjang 32,5 kilometer total (20,2 mil), menghubungkan daratan Shanghai dan Yangshan lepas pantai perairan pelabuhan di Cina. Sebagian besar  jembatan adalah jembatan berlevel rendah, terdapat juga bagian jembatan kabel yang bisa dilalui kapal besar dibawahnya dengan lebar 420 meter.




4. Jembatan King Fahd Causeway,  Saudi Arabia  |  Panjang :    30.000 M

King Fahd Causeway adalah beberapa kombinasi tanggul jembatan yang menghubungkan Khobar, Arab Saudi, dan negara pulau Bahrain. Perjanjian konstruksi ditandatangani pada tanggal 8 Juli 1981 mengarah ke konstruksi awal tahun depan. Landasan jembatan itu diletakkan pada tanggal 11 November 1982 oleh Raja Fahd dari Arab Saudi dan Syekh Salman bin Isa al-Khalifa dari Bahrain; konstruksi berlangsung sampai tahun 1986, ketika kombinasi beberapa jembatan dan bendungan telah diselesaikan. jalan lintas ini dibuka untuk digunakan pada tanggal 25 November 1986. 

Diperkirakan jumlah kendaraan yang menggunakan jalan lintas sekitar 45.000 pada hari kerja dan sampai 60.000 pada akhir pekan. Jumlah wisatawan di jalan lintas dari kedua negara pada tahun 2008 adalah 17,7 juta penumpang, atau rata-rata 48.600 penumpang per hari. Proyek biaya total US $ 1,2 miliar ( SAR 3 miliar). Salah satu kontraktor utama proyek ini adalah Ballast Nedam , yang berbasis di Belanda . Jalan empat jalur adalah 25 km (16 mil) panjang dan sekitar 23 m (75 kaki) lebar, dan dibangun dengan menggunakan 350.000 m 2 (3.800.000 sq ft) dari beton bersama dengan 47.000 metrik ton dari diperkuat baja. Jalan lintas ini dibangun dalam tiga segmen mulai dari Arab Saudi dari Al-Aziziyyah, selatan Khobar , ke Stasiun Perbatasan, bagian ke dua dari Stasiun Perbatasan untuk Nasan Pulau di Bahrain dan bagian terakhir dari pulau ke pulau Nasan Al-Jasra, sebelah barat Manama , di pulau utama Bahrain.




5. Jembatan Chesapeake Bay,  Maryland - Amerika |  Panjang : 24.140 M

Chesapeake Bay Bridge adalah utama dual-rentang jembatan di AS negara dari Maryland . Chesapeake Bay menghubungkan pedesaan negara Eastern Shore wilayah dengan lebih urban Western Shore . Jembatan yang dibuka pada 1952 itu mempunyai panjang 4,3 mil (6,9 km), itu adalah terpanjang terus menerus di dunia diatas air struktur baja. Jembatan paralel ditambahkan pada tahun 1973 oleh William Preston Lane, Jr yang sedang menjabat sebagai gubernur Maryland. 

Jembatan ini merupakan bagian dari US Rute 50 dan 301 , dan berfungsi sebagai link penting di kedua rute. Sebagai bagian dari US Route 50, itu menghubungkan Daerah Baltimore-Washington Metropolitan dengan Ocean City, Maryland dan destinasi wisata pesisir. . Sebagai bagian dari US Route 301, ia berfungsi sebagai bagian dari rute alternatif untuk Interstate 95 wisatawan antara utara Delaware dan Washington, wilayah DC. Karena hubungan ini, jembatan ini telah menjadi dikenal sebagai titik kemacetan lalu lintas , khususnya selama jam puncak dan bulan-bulan musim panas